Tekan Harga Beras, Pemkab Brebes Terus Gelar Operasi Pasar

Tekan Harga Beras, Pemkab Brebes Terus Gelar Operasi Pasar Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Pemerintah Kabupaten Brebes bekerja sama dengan Perum Bulog menggelar operasi pasar (OP) berupa beras, minyak goreng dan Gula Pasir di Pasar Banjaratma. Operasi Pasar sebagai Upaya meurunkan harga beras dan komoditas lainnya yang kini merangkak naik.


“Masyarakat disediakan beras sebanyak 5 kilogram, 1 liter minyak goreng dan 1 kilogram gula pasir dengan harga murah Rp 85.000,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes, Ir Djoko Gunawan MT saat meninjau langsung OP yang di gelar Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkompumdag) Kabupaten Brebes bekerja sama dengan Perum Bulog di Pasar Banjaratma dan Balai Desa Petunjungan, Kecamatan Bulakamba Brebes. Kamis (22/2/2024).


Tampak, warga Desa Banjaratma, Kecamatan Bulakamba berbondong-bondong dengan antusias mendatangi pasar Banjaratma hingga rela antri demi mendapat paket sembako di OP yang di gelar oleh pemkab Brebes kerjasama dengan Perum Bulog. 


Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT mengatakan, OP ini merupakan upaya penanggulangan inflasi, dengan menggaet Bulog. Upaya ini dikandung maksud agar kestabilan harga beras bisa terwujud. Untuk itu, pemerintah hadir untuk menurunkan harga beras dengan menggelar operasi pasar. 



“Dalam waktu dekat, mudah-mudahan di awal bulan Maret mendatang sudah mulai panen. Untuk mengatasi hal tersebut, pemkab Brebes bersama jajaran dan juga Bulog menggelar OP guna menanggulangi inflasi pangan di Brebes agar bisa segera cepat turun,” ungkap Sekda.  



Ada beberapa titik lokasi yang sudah digelar OP, seperti pasar Bulakamba pada Rabu (21/2/2024) kemarin. Dan hari ini di pasar Banjaratma dan Balai Desa Petunjungan Kecamatan Bulakamba. Harapannya nanti di semua kecamatan bisa dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dilapangan. Dan tidak hanya berhenti sampai disini saja, pemkab akan terus gencar menggelar OP sambil mengevaluasi hingga harga pangan apakah sudah mulai stabil atau belum.


Plt Kepala Dinkopumdag Brebes Untung Rizaludin menambahkan, OP digelar atas kerja sama dengan Perum Bulog. Selain di Pasar Banjaratma, operasi pasar juga dilaksanakan di Aula Balai Desa Petunjungan, Kecamatan Bulakamba,” ungkap Untung. 


Dalam operasi pasar ini, lanjut Untung, sebagaimana disampaikan Sekda Brebes adalah untuk menekan harga pasar dengan cara menjual dibawah harga pasar. Harga di pasaran dari satu paket Rp100 ribu tapi dijual hanya Rp85 ribu per paket. 


Dalam satu titik operasi pasar disediakan 2 ton beras kemasan 5 kg atau 400 bungkus, di Balai Desa Petunjungan dan Desa Tegalglagah masing-masing disediakan 1,25 ton beras kemasan atau 250 bungkus, pungkasnya. 


Turut mendampingi Sekda Brebes dalam OP, Plt Kepala Dinkopumdag Kabupaten Brebes, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Plt Asisten Sekda, Sekretaris Inspektorat, Kabag Tata Pemerintahan Setda Brebes, Camat Bulakamba, Kepala Desa Banjaratma dan Kepala Desa Petunjungan, Kecamatan Bulakamba Brebes. (hid/hms)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar