Pelaku Ekraf Di Brebes Ikuti Bimtek Subsektor Desain Produk Kemenparekraf Bersama Komisi X DPR-RI

Pelaku Ekraf Di Brebes Ikuti Bimtek Subsektor Desain Produk Kemenparekraf Bersama Komisi X DPR-RI A.Wahidin

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Pemerintah Kabupaten Brebes , melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Subsektor desain produk bagi pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) di Kabupaten Brebes bertempat di gedung Almayra convention hall Hotel Grand Dian Brebes, Minggu (17/3/2024).

Acara bimtek dihadiri Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dr.H. Abdul Fikri Faqih, M.M, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Brebes Rofiq Qoidul Adzam, SH, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Martini Mohamad Paham dan Jemmy Alexander, Ketua Tim Pokja II Direktorat Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Sedikitnya 100 pelaku ekraf di Brebes.

Kegiatan Bimtek itu diikuti sedikitnya 100 pelaku Ekraf subsektor desain produk yang berasal dari kabupaten brebes dan dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Komisi X DPRRI.

Kepala dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten brebes Rofiq Qoidul Adzam, SH mengapresiasi kegiatan bimtek ini. Beliau juga berharap agar pelaksanaan Bimtek subsektor desain produk bagi pelaku ekraf di brebes bisa bermanfaat.

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Martini Mohamad Paham, menambahkan, dengan giat ini tentunya agar produk yang dikemas bisa unik dan diingat orang banyak. Packaging atau kemasan ini tentunya sangat perlu, mereka atau pembeli bukan hanya melihat rasanya saja akan tetapi juga kemasannya.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dr.H. Abdul Fikri Faqih, M.M dalam sambutannya mengatakan bimtek ini bertujuan memajukan produk-produk atau karya-karya pelaku ekonomi kreatif. Tentunya Bimtek ini sangatlah bagus untuk diikuti. Dirinya berharap setelah mengikuti kegiatan Bimtek ini semakin terbuka wawasan kita untuk memajukan dan mengembangkan pariwisata karena masih banyak potensi pariwisata yang perlu digarap.

Dalam penyampaian nya, Fikri Faqih juga mengatakan bahwa pada tahun 2022 terdapat 64 juta pelaku usaha dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 61 persen dan menyerap tenaga kerja hingga 97 persen.

Tiga subsektor utama industri kreatif yang berkontribusi pada PDB adalah fesyen 15 persen, kuliner 41,5 persen dan kriya 17,7 persen. Pada tahun 2024 ditargetkan kontribusi sektor pariwisata dan ekraf terhadap PDB mencapai 65 persen.(hid/spn)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar