Pasar Leuweung, Program Unggulan Dishut Jabar di Kota Sukabumi Resmi Dibuka

Pasar Leuweung, Program Unggulan Dishut Jabar di Kota Sukabumi Resmi Dibuka Dok Humas

SINARPAGINEWS. COM, KOTA SUKABUMI- Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat (Dishut Jabar) menggelar Pasar Leuweung di Gedung Widaria Kencana (GWK), Warudoyong, Kota Sukabumi. Kamis, 28 Maret 2024.

Kegiatan tersebut secara langsung dihadiri Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, Asisten Daerah II, Hj. Nuraeni Komarudin, Camat Warudoyong, dan jajaran aparatur Dishut Jabar.

Pasar Leuweung merupakan program unggulan Dishut Jabar yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya para petani. Pasar Leuweung juga dimeriahkan dengan bazaar murah dan penampilan kreativitas seni.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Dishut Jabar, Dodit Ardian Pancapana, mengatakan, Pasar Leuweung diharapkan dapat menjadi solusi bagi para petani hutan dalam memasarkan produknya secara langsung kepada konsumen.

"Leuweung Kota ini merupakan upaya kebangkitan ekonomi masyarakat," kata Dodit. "Dishut mendorong mengubah mindset para petani, selain bertani juga harus pandai berdagang." imbuhnya.

Dodit juga menjelaskan bahwa Dishut Jabar terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Dinas UMKM, untuk membina para petani agar mau berdaya jual secara online.

"Kita mendorong agar pasar tumpah itu bisa masuk juga ke Leuweung dan daerah pinggiran (pasisian)," ujarnya. "Agar pasar tumpah tidak menimbulkan efek negatif (kemacetan)."

Dodit menambahkan bahwa Pasar Leuweung juga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah-daerah hutan.

"Dampaknya tempat wisata menjadi lebih ramai, dan kita mengusahakan agar hal ini digerakkan oleh komunitas," tuturnya.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji dalam sambutannya mengapresiasi program Pasar Leuweung yang digagas oleh Dishut Jabar.

"Pasar Leuweung merupakan program unggulan Dishut," kata Pj. Wali Kota. "Dan kegiatan ini juga benar-benar melibatkan masyarakat sebagai bentuk kepedulian."

Ia berharap Pasar Leuweung dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan daya beli dan menjaga stabilitas harga dan pasokan komoditas.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat," harapnya. "Saya juga mengajak agar hadirin membeli barang-barang yang dipasarkan di pasar Leuweung ini." 

Pembukaan Pasar Leuweung di Kota Sukabumi diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di Jawa Barat dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus menjaga kelestarian hutan melalui penanaman beberapa pohon di areal hutan GWK.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar