Ranadi, Seorang ASN Guru Manfaatkan Waktu Luang Dengan Budidaya Ayam Sentul

Ranadi, Seorang ASN Guru Manfaatkan Waktu Luang Dengan Budidaya Ayam Sentul Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, INDRAMAYU.- Manfaatkan waktu lebih sebagai abdi negara (ASN), Ranadi, Salah seorang berprofesi guru ini sekaligus merupakan salah satu tokoh desa Tambak Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu, mengembangkan usaha budidaya ayam sentul di lahan pinggiran empang ikan dekat rumahnya.

Ayam sentul merupakan jenis ayam kampung yang bisa di budidaya secara masal, Menurut Ranadi, apa yang dilakukannya bermanfaat disamping mendapat penghasilan tambahan, juga untuk olah raga dan sarana refresing, meski tidak seberapa dengan meluangkan waktu berada dikandang cukup 2 (dua) jam pagi setelah subuh dan setelah sholat ashar.

“Saya Ranadi mencoba terobosan baru mencoba dengan 600 ekor sekarang sudah 50 hari dengan bobot 7,5 ons dengan harapan bobot 1 - 1.2 ons pada usia 70 hari dan sudah bisa layak panen.”terang Ranadi. Sabtu (20/4/2024).

Masih dikatakan Ranadi, untuk pangsa pasar permintaan rumah makan di Indramayu rata - rata memilih bobot 8 0ns - 1,5 kg dengan harga 37 ribu sampai 38 ribu per kilo.

Disisi lain, adapun tantangan dan permasalahan yang dihadapi peternak, pada umumnya memiliki keluhan hampir semua sama, yakni masih seputar kebutuhan pakan pabrikan yang saat ini masih relatif mahal.

“oleh karena itu peternak berharap pemerintah daerah dapat memperhatikan nasib peternak untuk dicarikan jalan keluar ketersediaan pakan yang terjangkau.”tandasnya.*

Editor: Haris Rojangi

Bagikan melalui:

Komentar