Expo dan Kontes Domba Indramayu, Wujudkan Bibit Berkualitas dan Peternak Sejahtera

Expo dan Kontes Domba Indramayu, Wujudkan Bibit Berkualitas dan Peternak Sejahtera Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, INDRAMAYU - Dalam rangka memperjuangkan terwujudnya ketahanan pangan, Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu mengadakan Expo dan Kontes Domba Kabupaten Indramayu Tahun 2024 dengan tema Bibit Berkualitas, Peternak Sejahtera, Indramayu Bermartabat. Bertempat di Sport Center Indramayu, Minggu (12/5/2024).


Diketahui, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Indramayu kepada peternak dalam meningkatkan minat masyarakat untuk mulai budidaya ternak khususnya kambing dan domba.


Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian RI, Agung Suganda, dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut menjadi tantangan sekaligus peluang bagi peternak domba di Kabupaten Indramayu.


"Semoga acara dan Kontes Expo Tahun 2024 menjadi pembangkit semangat peternak. Majukan Indramayu ini karena potensinya sangat besar," ucapnya.


Sementara itu, Bupati Indramayu melalui Sekretaris Daerah, Aep Surahman, dalam sambutannya mengatakan untuk pertama kalinya Kabupaten Indramayu mengadakan "Expo dan Kontes Domba Tahun 2024". Kegiatan tersebut sebagai perwujudan rasa syukur atas keberhasilan peternak dan ajang silaturahmi antara peternak dengan stakeholder.


Bupati Indramayu berharap kegiatan tersebut dapat menumbuh kembangkan peran dan minat masyarakat untuk menjadi peternak yang kreatif, inovatif dan andal dalam mengelola ternaknya serta dapat meningkatkan kesejahteraan bagi peternak Indramayu.


Menurutnya, dibutuhkan kerja sama, sinergitas, kreativitas dan inovasi dari pemerintah daerah beserta segenap lapisan dan seluruh komponen masyarakat.


"Untuk itu mari kita untuk senantiasa berpadu dan bersatu, dalam membangun Undramayu menjadi lebih baik lagi yaitu Indramayu yang Bermartabat," pungkasnya.


Sementara Plt. Kepala DKPP Indramayu, Sugeng Heriyanto menjelaskan kegiatan tersebut merupakan sarana perkumpulan dan silaturahmi para peternak. Terdapat kurang lebih ada 400 kontestan dari Indramayu dan Jawa Barat, berasal dari 2 kategori yakni umum terdapat 154 peserta Tingkat Jawa Barat dan juga lokal terdapat 91 peserta dari 31 Kecamatan yang ada di Indramayu, serta untuk Expo Peternakan terdapat 151 peserta.


Pada acara tersebut terdapat juga Talk Show Peternakan yang menampilkan Tips & trik agrobisnis peternakan, Giat sukses beternak kambing domba, dan manajemen kesehatan hewan. Kemudian, Expo Peternakan yang menampilkan potensi peternakan, sarana produksi peternakan, hasil pertanian dan peternakan Kabupaten Indramayu, dan beragam jenis domba dan kambing di Indramayu.

Editor: Haris Rojangi

Bagikan melalui:

Komentar