Perumda Tirtawening Kota Bandung terus Berkomitmen Menjalankan Berbagai Program Strategi

Perumda Tirtawening Kota Bandung terus Berkomitmen Menjalankan Berbagai Program Strategi Red

SINARPAGINEWS.COM, KOTA BANDUNG - Perumda Tirtawening Kota Bandung terus berkomitmen menjalankan berbagai program strategis yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas layanan air bersih kepada masyarakat.

Perumda Tirtawening Kota Bandung terus berkomitmen menjalankan berbagai program strategis yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas layanan air bersih kepada masyarakat.

Dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-214, Perumda Tirtawening juga memberikan promo diskon 50% untuk biaya pemasangan sambungan air.

"Kami memberikan promo diskon 50% untuk biaya pemasangan sambungan air bagi kelompok rumah tangga 2A1, 2A2, 2A3, dan 2A4. Promo ini berlangsung dari 17 September hingga 18 Oktober 2024, dengan beberapa persyaratan administratif seperti fotokopi KTP, rekening listrik, serta layak secara teknis," ungkap Direktur Utama Perumda Tirtawening, Sonny Salimi dalam siaran kolaborasi Radio Sonata dan PR FM, Kamis, (3/10/2024).

Sonny juga menyoroti beberapa program strategis Perumda Tirtawening yang sedang berjalan pada tahun 2024, salah satunya adalah Smart Spam Gedebage. Program ini bertujuan untuk mendukung pencapaian target 100-0-100 dalam penyediaan layanan air minum, dengan pembiayaan dari penyertaan modal pemerintah.

“Program Smart Spam Gedebage ini merupakan salah satu program unggulan yang dilatarbelakangi janji Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung tahun 2018-2023, serta target RPJMD. Kami terus berupaya mencapai 100% akses air minum di Kota Bandung,” jelas Sonny.

Selain Smart Spam Gedebage, program lain yang sedang dibangun meliputi SPAM Terintegrasi (3.500 ldp), SPAM Regional (200 ldp), dan pemanfaatan air limbah dari IPAL Bojongsoang. Namun, Sonny menegaskan bahwa tantangan utama adalah ketersediaan air baku serta keberlanjutan pembangunan infrastruktur.

“Ketersediaan air baku dan pembiayaan merupakan tantangan utama kami, namun dengan usaha yang tak kenal lelah, kami optimis dapat memberikan pelayanan air minum 100% kepada masyarakat Kota Bandung,” ujarnya.

Hingga September 2024, jumlah pelanggan Perumda Tirtawening telah mencapai 169.677 Sambungan Rumah (SR). Selain layanan air minum, Perumda Tirtawening juga mengoperasikan unit bisnis lain seperti Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), Laboratorium Pengendalian Kualitas Lingkungan (LPKL), dan Pelayanan Non-Pipa (PNP).

Sonny juga memperkenalkan produk air minum dalam kemasan bernama Hanaang, yang tersedia dalam berbagai ukuran.

“Produk Hanaang kami diproses dengan karbon dan filter berkualitas, sehingga mampu menjaga kesehatan kulit, suhu tubuh, serta metabolisme,” katanya.

Dalam menghadapi musim kemarau, Perumda Tirtawening telah menyiagakan 13 mobil tangki air bersih dan 5 mobil tangki air limbah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Sonny juga mengimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam penggunaan air, termasuk melakukan pengecekan kebocoran dan tidak boros air.

“Kami minta masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan air, seperti tidak berlebihan saat mencuci atau menyiram tanaman. Simpan air secara teratur agar tetap tersedia selama musim kemarau,” pungkasnya.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar

?>