Yayasan Priatman Untuk Negeri Rilis Film Pendek Dan Original Soundtrack " Sang Pemula"

Yayasan Priatman Untuk Negeri Rilis Film Pendek Dan Original Soundtrack " Sang Pemula" Chairul Ichsan Jumpa pers film pendek Sang Pemula di bilangan Kemang Jakarta Selatan, Rabu (9/11).

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA - Bertepatan dengan momentum Hari Pahlawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 November, Yayasan Priatman Untuk Negeri yang diprakarsai oleh Mirza Whibowo Soenarto, mempersembahkan sebuah karya film pendek berikut dengan original soundtrack (OST) yang berjudul “Sang Pemula”. 

Mirza Whibowo Soenarto sebagai Ketua Pembina Yayasan Priatman untuk Negeri mengatakan, Tirto dikenal sebagai Bapak Pers Nasional berkat kontribusi dan dedikasinya terhadap dunia pers Tanah Air. Pada era penjajahan, Tirto memperjuangkan suara-suara rakyat kecil dan berkorban agar seluruh masyarakat Indonesia bisa bebas mengeluarkan aspirasi dan juga pendapat. Semasa hidupnya, Tirto terus berupaya menyuarakan hak-hak rakyat yang pada saat itu terus ditekan oleh penjajah.

“Yayasan Priatman Untuk Negeri mempersembahkan film pendek ini untuk kakek buyut saya yang telah mendedikasikan hidupnya bagi Tanah Air. ‘Sang Pemula’

menjadi julukan yang sarat akan makna, melalui julukan itulah kami melihat Tirto sebagai inisiator dalam dunia pers dan jurnalistik di Indonesia. Kami ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk bisa menapak tilas bagaimana perjuangan Tirto Adhi Soerjo di masa silam dalam menyuarakan hak berpendapat. Pengorbanan yang dilakukan Tirto, perlahan berhasil membuat masyarakat Indonesia pada masa itu terbuka pikirannya dan berani dalam berpendapat”. Papar Mirza.(9/11/2022)

Film pendek Sang Pemula berceritakan tentang kisah seorang pahlawan Nasional yang bernama R.M Tirto Adhi Soerjo, yang merupakan kakek buyut dari Mirza Whibowo Soenarto, berdurasi 12 menit ini digarap oleh dua sineas muda Surya Penny & Senry Alvin yang tergabung dalam grup Juyama. Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris yaitu Muhammad Abe yang memerankan tokoh Tirto, serta Ardina Rasti yang berperan sebagai Rana yang merupakan seorang dosen jurnalistik yang tertarik dengan isu-isu sejarah di masa lalu.

“Sang Pemula” menjadi julukan yang sarat akan makna, melalui julukan itulah kami melihat Tirto sebagai inisiator dalam dunia pers dan jurnalistik di Indonesia.

"Kami ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk bisa menapak tilas bagaimana perjuangan Tirto Adhi Soerjo di masa silam dalam menyuarakan hak berpendapat. Pengorbanan yang dilakukan Tirto, perlahan berhasil membuat masyarakat Indonesia pada masa itu terbuka pikirannya dan berani dalam berpendapat” papar Juyama, Sutradara film pendek Sang Pemula.

Film ini juga memberikan wawasan baru kepada penonton bahwa kebebasan dalam menyuarakan pendapat tidak serta merta terjadi begitu saja, tapi karena ada tokoh yang mengorbankan nyawa di dalamnya,” pungkas Juyama. 

Selain peluncuran film pendek juga meluncurkan single yang dijadikan OST berjudul Sang Pemula. Lagu ini dinyanyikan oleh musisi Once Mekel. Film pendek “Sang Pemula” dirilis perdana secara serentak pada tanggal 10 November di channel YouTube Priatman Untuk Negeri.

Single “Sang Pemula” dapat dinikmati di Digital Streaming Platform MW Records Indonesia (Joox, Spotify, Resso dan platform lainnya). (Ridho Angga).

Editor: Chairul Ichsan

Bagikan melalui:

Komentar