Gedung Art Center Garut Akan Menggelar Festival Seni Calung Antar Kecamatan

Gedung Art Center Garut Akan Menggelar Festival Seni Calung Antar Kecamatan Ahmad spn

SINARPAGINEWS.COM, KAB GARUT - Dalam rangka melestarikan dan mengembangkan seni sunda khususnya seni calung, Paguyuban Seni Calung Garut (PSCG) mengadakan acara bertajuk Festival Seni Calung antar kecamatan se-Kabupaten Garut. Rencana festival ini akan digelar pada hari Kamis 24 November mendatang yang akan di laksanakan di Gedung Art Center, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Sabtu 19 November 2022

Acara ini sendiri hadir berkat kerjasama antara PSCG dengan Dewan Kesenian Garut (DKG) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Garut, serta akan diikuti oleh 20 peserta dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.

Ketua PSCG, Endaj Kusnandar yang kerap dipanggil Bah Enday, mengatakan alasan pihaknya menggelar festival ini karena melihat seni tradisi calung dari waktu ke waktu yang kini mulai memudar.

"Kita sebagai masyarakat Sunda yang berada di Jawa Barat tentu memiliki tanggung jawab yang besar untuk melestarikan Seni Sunda khususnya Seni Calung yang merupakan jatidiri masyarakat Jawa Barat, mengingat seni tradisi tersebut dari waktu ke waktu kian memudar. Oleh karena itu seniman Garut yang tergabung dalam wadah PSCG sakadada – sakaduga berusaha untuk senantiasa berperan aktif dalam melestarikan dan mengembangkan seni Sunda dengan kemampuan yang kami miliki," ujar Bah Enday dalam keterangan tertulisnya,

Ia mengungkapkan Festival Seni Calung ini bukan hanya sebagai pelaksanaan program kerja organisasi saja, tetapi sebagai media aktualisasi dan apresiasi seni Sunda bagi generasi muda.

"Dengan demikian kami berharap penanaman rasa cinta terhadap seni budaya daerah menjadi suatu hal yang nyata dan bukan tidak mungkin menjadi sebuah kekuatan untuk menyelesaikan segala permasalahan di negeri ini," ungkapnya.

Bah Enday mengatakan jika pihaknya menargetkan setiap kecamatan mampu mengirimkan 1 perwakilan dalam festival ini. Namun dalam kenyataannya tidak semua kecamatan bisa mengirimkan utusannya, karena terkendala anggaran, ada pula yang tidak bisa menemukan grup calungnya, dan juga karena alasan lainnya.

"Alhasil sampai batas waktu pendaftaran yang juga sudah diundurkan (atau) diperpanjang, panitia akhirnya hanya menerima 20 Kelompok (atau) grup calung untuk berkompetisi dalam ajang Festival Seni Calung Se-Kabupaten Garut ini, yang akan digelar pada hari Kamis, 24 November 2022 di Gedung Art Center Jalan Proklamasi mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai," tandasnya.

Berikut daftar perserta Festival Seni Calung se-Kabupaten Garut yang akan dilaksanakan pada hari Kamis 24 November 2022 :

1. Pandawa Pamalayan - Kecamatan Bayongbong
2. Grup Calung PSTKL - Kecamatan Leles
3. Wargi Saluyu - Kecamatan Leuwigoong
4. Calawak Magelaran - Kecamatan Pameungpeuk
5. Kencana Bahari - Kecamatan Caringin
6. Mekar Budaya - Kecamatan Pakenjeng
7. Rebo Lugay - Kecamatan Kadungora
8. PASEM - Kecamatan Mekarmukti
9. Wargi Saluyu - Kecamatan Sucinaraja
10. D'Geboy - Kecamatan Pamulihan
11. Laras Puputon - Kecamatan Cilawu
12. Wanariksa - Kecamatan Cisurupan
13. SB Putra - Kecamatan Cisompet
14. Putra Siliwangi - Kecamatan Cilawu
15. Medal Wargi Saluyu - Kecamatan Pasirwangi
16. Mekar Wangi Saluyu - Kecamatan Cigedug
17. Karacak Medal - Kecamatan Garut Kota
18. Medal Layung - Kecamatan Selaawi
19. Gentra Midang - Kecamatan Bungbulang
20. Giriwangi - Kecamatan Malangbong

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar