Buah Belimbing Berbagai Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah Belimbing Berbagai Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh Manusia

SINARPAGINEW.OM, KULINER - Belimbing menjadi salah satu buah yang kaya akan serat dan vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung air yang cukup tinggi. Lalu, berapa banyak kalori dalam buah belimbing? Ternyata, dalam 132 gram belimbing terdapat 41 kalori.

Bukan itu saja, buah ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi lainnya bagi kesehatan. Mulai dari vitamin C, B5, folat, tembaga, magnesium, dan potasium. Belimbing juga mengandung banyak antioksidan yang membuat buah ini semakin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berbagai kandungan nutrisi dalam buah ini, membuatnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Mengontrol gula darah
Bagi seseorang yang mengidap diabetes, belimbing adalah salah satu buah yang direkomendasikan. Sebab, kandungan serat yang tidak larutnya bisa menghambat penyerapan glukosa. Alhasil, lonjakan gula darah bisa terantisipasi dan kadarnya terkontrol.

2. Melancarkan pencernaan
Kandungan seratnya yang lumayan tinggi membantu pergerakan usus sehingga feses lebih mudah keluar. Selain memperlancar saluran pencernaan, buah ini juga bisa mengatasi berbagai masalah lainnya, seperti kembung, dan diare.

Bukan hanya bagian daging, daunnya pun melalui proses ekstraksi bisa membantu untuk meredakan gejala gastritis. Penelitian ini terdapat dalam jurnal Bioinformation menyatakan ekstrak daun belimbing memiliki sifat anti-ulserogenik (kemampuan suatu zat untuk tidak menyebabkan ulkus lambung).

Kandungan lendir dapat memberikan lapisan pada mukosa gastrointestinal sehingga mengurangi kerusakan akibat gastritis. Dengan begitu, gejala gastritis yang meliputi perut kembung, tidak nyaman pada perut, hingga gangguan saluran cerna akan membaik.

Selain mengonsumsi buah, cari tahu cara melancarkan pencernaan secara alami melalui artikel ini → Lakukan 5 Hal Ini Agar Pencernaan Lancar

3. Meningkatkan kesehatan jantung
Belimbing mengandung natrium dan kalium pada buah yang berfungsi sebagai elektrolit dalam tubuh. Kandungan elektrolit tersebut mampu menstabilkan tekanan darah sehingga detak jantung tetap teratur.

Antioksidan di dalamnya juga ampuh menangkal efek radikal bebas pemicu penyakit jantung dan pembuluh darah.

4. Mencegah penyakit kanker
Kandungan beta karoten dalam buah ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, terutama kanker lambung dan kanker usus besar. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut.

5. Menurunkan berat badan
Buah ini cenderung rendah kalori dan banyak serat sehingga membuatmu merasa kenyang lebih lama dan tidak makan berlebihan. Alhasil, kamu bisa lebih efektif menurunkan berat badan.

Nutrisi di dalamnya juga membantu proses metabolisme tubuh sehingga penurunan berat badan lebih optimal.

6. Meningkatkan proses pemulihan luka
Buah ini mengandung vitamin C yang sangat baik untuk proses pemulihan luka. Vitamin C membantu produksi kolagen pada kulit sehingga proses penyembuhan luka akan menjadi lebih cepat.

7. Menurunkan peradangan pada tubuh
Melansir dari International Journal of Biological Macromolecules, buah ini mengandung antioksidan yang bersifat antiinflamasi. Sifat ini berguna dalam intervensi terapeutik untuk pengelolaan nyeri.

Kandungan antioksidan dalam buah ini melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Dengan begitu, risiko peradangan akibat stres oksidatif akan menurun sehingga kesehatan lebih optimal.

8. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan vitamin C pada buah ini juga bisa membuat kesehatan kulit menjadi semakin optimal. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit menjadi lebih sehat.

Produksi kolagen yang baik juga bisa mencegah munculnya tanda penuaan dini pada kulit.

9. Meningkatkan kesehatan rambut
Belimbing mengandung vitamin B dan C yang baik untuk kesehatan rambut. Terpenuhinya kebutuhan nutrisi ini, membuat kamu terhindar dari kerontokan rambut dan memiliki rambut yang lebih kuat.

10. Meningkatkan sistem imun tubuh
Kandungan vitamin C dalam buah ini mampu mengoptimalkan sistem imun tubuh. Hal ini membuat imunitas tubuh menjadi lebih optimal, sehingga kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Selain belimbing, ketahui jenis buah lain yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh melalui artikel ini → 5 Buah-Buahan yang Baik untuk Daya Tahan Tubuh

11. Menjaga kesehatan saluran pernapasan
Antiinflamasi yang terdapat dalam buah ini membuat saluran pernapasan menjadi lebih baik. Mengonsumsi buah ini saat mengalami gangguan pada saluran pernapasan bisa menurunkan gejala yang muncul.

Itulah berbagai manfaat belimbing untuk kesehatan. Jika masih ragu, kamu bisa mendiskusikannya bersama dokter di Halodoc dengan klik gambar berikut:

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Star Fruit 101 — Is It Good For You?
Verywell Fit. Diakses pada 2022. Star Fruit Nutrition Facts and Health Benefits.
WebMD. Diakses pada 2022. Star Fruit.
Healthify Me. Diakses pada 2023. Star Fruit – Benefits, Nutritional Facts, & Healthy Recipes.
Medical News Today. Diakses pada 2023. The Health Benefits of Star Fruit and How to Enjoy It.
Bioinformation. Diakses pada 2023. Nutritional, Medicinal and Toxicological Attributes of Star-Fruits (Averrhoa carambola L.): A Review.
International Journal of Biological Macromolecules. Diakses pada 2023. Substituted galacturonan from starfruit: Chemical structure and antinociceptive and anti-inflammatory effects.
(spn/haldoc)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar