Sejumlah Importir Kopi Asal Negara Ceko Tertarik Pasarkan Kopi Asal Papua

Sejumlah Importir Kopi Asal Negara Ceko Tertarik Pasarkan Kopi Asal Papua Dok

SINARPAGINEWS.COM, JAYAPURA – Sejumlah importir kopi asal negara Ceko, dilaporkan tertarik untuk memasarkan kopi Papua hingga ke Eropa.

Ketertarikan itu sebagaimana dikemukakan Ketua Umum Kadin Papua, Ronald Antonio, Kamis (11/11/2021), di Praha, Ceko, waktu setempat, usai bertemu Mr. Jakub Fiala, salah satu importir (distributor) kopi di Eropa.

Ketua Kadin Papua Ronald Antonio di Praha Ceko dalam urusan menghadiri pertemuan forum bisinis dengan beberapa investor Ceko atau “The Czech-Indonesian Business Forum”.

“Kami telah bertemu dan bernegosiasi yang hasilnya menggembirakan, importir Eropa tertarik dengan kopi Papua. Dan pada kesempatan itu mereka langsung order beberapa jenis kopi sebagai uji coba kesepatan bisnis”.

“Sehingga nanti sekembalinya ke Papua, kami secepatnya berkomunikasi masyarat dan mitra Kadin Papua yang bergerak dibidang produksi kopi, untuk bisa memenuhi orderan itu,” terang Ronald.

Masih dikatakan Ronald, upaya yang dilakukan itu adalah salah satu wujud dukungan Kadin Papua terhadap visi dan misi Gubernur Enembe. Dimana untuk menciptakan Papua bngkit, mandiri dan sejahtera di bidang ekonomi.

“Sehingga lewat forum bisnis ini kita tidak hanya menghadiri tetapi mencari pasar di Eropa. Dan nanti kita akan ketemu dengan para pelaku usaha kopi yang bisa kita ajak kerja sama”.

“Bukan hanya penjual dan pembeli tetapi sampai pada tangka kerja sama transfer pengetahuan dan teknologi pertanian kopi, mulai dari hulu sampai ke hilir,” ujar Ronal.

Sementara dari kegiatan business-to-business negotiation yang telah berjalan, Kadin Papua juga mendapatkan tawaran permintaan lain seperti ekspor durian, cabe dan hasil bumi lainnya.

Kegiatan forum bisnis ini selain mempererat hubungan bilateral melalui forum bisnis virtual yang diselenggarakan Kadin Indonesia dan Kamar Dagang Ceko bertajuk yang difasilitasi KBRI Indonesia untuk Ceko, menjadi wadah bagi berbagai perusahaan untuk menjalin relasi dan melakukan business-to-business negotiation.

“Kami sangat berterimakasih kepada ibu Kenssy D. Ekaningsih Duta Besar Indonesia untuk Ceko yang menfasilitasi forum Bisinis dan B to B negosiasi ini, sehingga kami mendapatkan peluang bermitra bisnis di Ceko dan Eropa,” ujar Ronal yang didampingi WKU Kadin Papua Leo Dapot Siahaan.

Sementara Jakub Fiala, distributor kopi besar di Eropa menilai komoditas kopi Indonesia, khususnya Papua memiliki peluang perluasan ekspor ke Republik Ceko dan juga Eropa. Hal ini karena reragaman rasa dan aroma kopi Papua.(spn/papua).

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar