Pj. Sekda Sulteng Buka Pelepasan dan Gebyar Ekspor Komoditas Pertanian Tahun 2021

Pj. Sekda Sulteng Buka Pelepasan dan Gebyar Ekspor Komoditas Pertanian Tahun 2021 Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, SULTENG -  Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Pj. Sekda Sulawesi Tengah Ir. Moh. Faisal Mang, MM mengikuti Pelepasan dan Gebyar Ekspor Komoditas Pertanian Sulawesi Tengah Tahun 2021 dengan tema “Sinergi Pengawalan Dalam Mewujudkan Pertanian Yang berkelanjutan dan Mendunia.”

Pj. Sekda Sulawesi Tengah Ir. Moh Faisal Mang, MM didampingi Kaploda Sulawesi Tengah Irjen. Pol. Drs. Rudy Sufahriadi, Kepala Badan Karantina Pertanian Kelas II Palu Amril, S.Sos., M.Si Kadis Perindag Sulawesi Tengah Richard Arnaldo, S.E., M.SA.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara luring maupun daring bertempat di Halaman Kantor Badan Karantina Pertanian Kelas II Palu Sulawesi Tengah. Jumat, (31/12/2021)

Pj. Sekda Sulawesi Tengah Ir. Moh Faisal Mang, MM membacakan sambutan Gubernur menyampaikan bahwa selaku pribadi dan atas nama pemerintah daerah Sulawesi Tengah mengucapkan syukur alhamdulillah, karena pada kegiatan gebyar ekspor ini, Komoditas Pertanian Sulawesi Tengah dapat memberikan sumbangsih sebesar 1.071 Ton atau senilai 5,7 Milyar dengan tujuan 2 negara yakni ; Tiongkok dan Amerika Serikat dari total ekspor komoditas pertanian se-Indonesia sebanyak 1,3 Juta Ton atau senilai 14,4 Triliun.

“Kami selaku pemerintah daerah mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, terkhusus kepada pemerintah pusat melalui kementrian pertanian dalam upaya mendorong ekspor komoditi Sulawesi Tengah melalui Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor.” Ungkap Pj. Sekda

Beliau juga menambahkan bahwa pemerintah Sulawesi Tengah sangat antusias menyambut gebyar ekspor komoditas pertanian yang di inisiasi oleh kementrian pertanian melalui Balai Karantina Sulawesi Tengah yang merupakan sinergi yang baik dan positif dalam upaya meningkatkan sektor pertanian di Sulawesi Tengah, karena dengan adanya ekspor ini tentunya akan mendorong pertumbuhan perekonomian khususnya bagi Provinsi Sulawesi Tengah.

“Pemerintah dan masyarakat Sulawesi
Tengah sangat terbuka dan antusias dalam melaksanakan program-program pemerintah pusat melalui kementrian terkait dalam rangka peningkatan sektor pertanian dan perkebunan.” Ujar Faisal Mang

Lanjut, Sulawesi Tengah memiliki potensi yang sangat besar khususnya Komoditas Pertanian, Komoditas Unggulan Perkebunan dan Hortikultura yang telah menembus pasar ekspor diantaranya kelapa, olahan kelapa dan juga rempah-rempah.

“Kami dengan senang hati dan tangan terbuka siap menyambut investasi saudara”. Ujar Pj. Sekda dalam sambutanya

Lebi lanjut beliau menjelaskan bahwa begitu juga dengan para investor yang ingin berinvestasi, pemerintah daerah Sulawesi Tengah menerima dengan senang hati dan tangan terbuka, baik investasi untuk peningkatan produksi komoditas pertanian maupun pemasaran.

“Kehadiran bapak Menteri Pertanian RI dan Kapolri, dapat memberikan pencerahan, inovasi dan kolaborasi dalam gerak cepat pembangunan dan pemulihan sektor ekonomi Sulawesi Tengah dari dampak bencana alam 28 September 2018 dan Pandemi Covid-19.” Harap beliau pada pertemuan tersebut

Turut hadir : Jenderal Kapolri, Menteri Pertanian RI, Unsur Forkopimda, Pejabat Utama, Pejabat Kementrian dan Non Kementrian, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Tengah, Pimpinan Gabungan Pengusaha Ekspor dan Impor Sulawesi Tengah, Pelaku Perdagangan Eksportir dan Mitra Kerja. (spn/Sulteng)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar