Serumpun Barista Tegal Beri Pelatihan Bagi Siswa SMK Al-Irsyad Tegal

Serumpun Barista Tegal Beri Pelatihan Bagi Siswa SMK Al-Irsyad Tegal Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Projek Kebekerjaan merupakan tema wajib yang diperuntukkan bagi siswa SMK pada kegiatan P5. Tema ini bertujuan untuk membangun pemahaman siswa terhadap ketenagakerjaan, peluang kerja, serta persiapan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kapabilitas yang sesuai pada kebutuhan dunia kerja saat ini. 

Di masa sekarang, kopi sudah menjadi bagian gaya hidup. Kedai kopi sekarang ada di mana-mana. Kedai kopi pinggiran jalan, di kawasan bisnis, mall, dan di tempat lainnya. Sekarang, kopi memang bukan hanya untuk menghilangkan kantuk, tapi seperti minuman sehari-hari.

Data konsumsi kopi di Indonesia juga terus naik. Melihat tren konsumsi kopi yang terus naik, ini bisa jadi peluang bisnis. Maka dari itu SMK Al-Irsyad Tegal telah menggandeng Serumpun Barista Tegal dalam pelaksanaan kegiatan P5 ini pada tema kebekerjaan, Sabtu (26/8/2023). 

Empat narasumber dihadirkan pada kegiatan ini, sehingga seluruh peserta didik SMK Al-Irsyad Tegal sangat antusias mengikutinya. Para narasumber menjelaskan bagian-bagian penting dalam dunia usaha barista (coffe shop), mulai dari penjelasan cara membuat kopi, penjelasan istilah roster yaitu seseorang yang bertugas menggoreng biji kopi, dan rosterlah yang menyediakan bahan kopi kepada kedai kopi, sehingga roster harus mengerti jenis-jenis kopi, karakternya seperti apa, sehingga dapat mengeluarkan aroma-aroma kopi yang khas.  

Kemudian dijelaskan pula skill yang dibutuhkan untuk menjadi barista yaitu, pengetahuan tentang kopi, komunikasi yang baik, teamwork, multitasking, dan layanan pelanggan. 

Menurut Yulizar salah satu narasumber, "Untuk memulai usaha kedai kopi yang perlu disiapkan yaitu, modal usaha, tempat atau lokasi, menentukan target market, menentukan konsep kedai kopi, cari suplier yang tepat. Hal terpenting juga yaitu cara mempromosikan bisnis kedai kopi kamu di promosi online, lewat Intragram Facebook dan Tiktok adalah media sosial yg banyak di pakai saat ini.

 Unggah secara rutin konten berkualitas seperti video, foto, atau reels tentang tempat, menu, atau promosi jika ada. Pada promosi offline bisa kamu terapkan saat awal pembukaan atau saat event tertentu. Misalnya pas awal buka ada diskon buy 1 get 1 free, atau saat hari kemerdekaan ada diskon 17%, diskon dengan menunjukan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau lainnya.

Di sesi pertanyaan, Bu Atien selaku guru SMK Al-Irsyad Tegal bertanya, "saya adalah seorang pecinta kopi khas daerah Indonesia saya pernah minum kopi Toraja dan kopi Lampung, mengapa kedua kopi tersebut berbeda sekali rasa dan aromanya." 

"Cita rasa dari kopi dipengaruhi oleh kondisi lahan perkebunannya. Seperti pada tingkat kesuburan atau kandungan unsur hara pada tanah perkebunan kopi tersebut. Tingkat ketinggian lahan dan kelembaban lahan yang berbeda terkait banyaknya curah hujan juga memengaruhi cita rasa dan aroma kopi itu Bu. 

Contohnya kopi asal daerah Sulawesi ini yaitu kopi Toraja memiliki aroma yang sangat khas juga harum. Yang membuatnya cukup disukai adalah tingkat keasaman yang rendah. Berbeda dengan kopi Lampung yang memiliki karakteristik tekstur yang halus, namun rasanya yang cukup kuat, jawab Maikel."  

Waryadi, S.Pd selaku koordinator kegiatan P5 berharap, semoga siswa-siswi SMK Al- Irsyad Tegal memiliki pengetahuan dan skill untuk berwirausaha secara mandiri, karena kita tidak tahu setelah lulus siswa akan menjadi apa? Sehingga kedepan kami berharap ada follow up dari kegiatan ini.(hid/war)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar