Kodim 0610/Sumedang Kembali Bangun Jembatan Penghubung Sumedang-Majalengka

Kodim 0610/Sumedang Kembali Bangun Jembatan Penghubung Sumedang-Majalengka Ismet spn

SUMEDANG, -  Kodim 0610/Sumedang bersama Vertical Rescue Indonesia (VRI), kembali membangun jembatan gantung penghubung Sumedang-Majalengka, yakni jembatan sungai Cimanuk, Kecamatan Ujungjaya, Kamis (11/02/2021).

Jembatan gantung tersebut, merupakan perpaduan dari Sungai Cimanuk yang hulunya dari Garut dan Sungai Cilutung yang hulunya dari Kuningan. Lebar sungai sekitar 100 m dan bentangan jembatan sekitar 130 m.

Dandim 0610/Sumedang, Letkol Inf Zaenal Mustofa SE., M.Si, mengatakan bahwa pembangunan jembatan gantung ini, didasari dari kepedulian Kodim 0610/Sumedang terhadap permasalahan dan kebutuhan masyarakat.

Dimana menurut sejarahnya, duhulu kala Desa Pelabuhan yang bersebrangan dengan Desa Babakan Anyar (Majalengka), merupakan daerah yang maju karena adanya aktivitas perekonomian Pelabuhan, di Desa tersebut.

“Lalu lintas antar kedua Desa, dilakukan dengan menggunakan perahu kayu. Dan hubungan sosial serta kekerabatan kedua Desa tersebut sangat kental, karena adanya hubungan darah antar warganya,” paparnya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, perahu tersebut sudah tidak beroperasional lagi. Sekarang aliran Sungai Cimanuk debit airnya sudah besar, dikendalikan oleh Waduk Jatigede.

“Tuntutan hidup, kebutuhan sosial bermasyarakat tetap harus dijalankan. Meskipun, memakai peralatan seadanya mereka harus melintasi Sungai, hingga mengancam jiwa dan keselamatannya. Karena jika memutar dengan kendaraan bermotor, maka membutuhkan waktu sekitar 40 menit,” jelasnya.

Kendati begitu, memahami kebutuhan masyarakat yang mendesak, maka jajaran Kodim 0610/Sumedang melakukan inisiasi, dan mencari solusi mempermudah lalu lintas warga dengan aman dan efektif.

“Saat ini, kami melakukan koordinasi dengan VRI, dalam pembangunan jembatan gantung tersebut. Untuk selanjutnya, dilaporkan kepada Pimpinan agar cepat didapatkan donatur dan diketahui rencana pembangunannya,” tuturnya.

Dandim pun berharap, pembuatan jembatan kali ini, akan meningkatkan keamanan, perekonomian serta kesejahteraan warga masyarakat.

“Semoga, proses pembuatan jembatan berjalan dengan lancar dan aman, serta didukung oleh cuaca yang kondusif. Sehingga, secepatnya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkas Dandim. (spn/wm).

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar