Diusianya Yang Menginjak Kepala 7, Nenek Ini Masih Semangat 'Ngaji Biting'

Diusianya Yang Menginjak Kepala 7, Nenek Ini Masih Semangat 'Ngaji Biting' Ismet spn

TEGAL - Dialah Nenek Simpen berusia 70 tahun berasal dari Kelurahan Pesurungan Kidul, Kecamatan Margadana Kota Tegal yang semangatnya terus mengalir dalam belajar membaca Al-quran atau 'Ngaji Biting' di pelataran TBM Sakila Kerti komplek Terminal Kota Tegal, Jumat (12/2).

Di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sakila Kerti sendiri pada setiap jumat pagi menggelar kegiatan pembelajaran Al-quran untuk para ibu ibu pengasong dan pedagang diterminal bus Kota Tegal. Ada sekitar 30 ibu ibu yang senantiasa eksis belajar Al-quran pada tiap hari jumat pagi.

Ditemui di lokasi pembelajaran, Nenek Simpen (70th) mengatakan, dirinya belajar membaca Al-quran di tempat TBM Sakila Kerti sudah 2 tahun. Menurut penuturannya, awalnya dia belajar dengan Juz Amma, hingga berjalannya waktu diapun kini sudah melewati surat surat pendek hingga panjang.

" Sekarang sudah sampai surat AT - Taubat, saya juga senang belajar disini, disamping banyak teman juga bertambahnya ilmu, " tutur nenek ini yang memiliki 6 anak dan 12 cucu.

Sementara Ketua dan Pendiri TBM Sakila Kerti Dr. Yusqon menambahkan, kegiatan belajar membaca Al-Quran ini adalah sebagian pengabdian langsung kepada masyarakat khususnya para pengasong dan pedagang terminal tegal. Ada juga pembelajaran bagi anak anak. Ada juga program lain yang digulirkan TBM Sakila Kerti yakni taman baca ditiap titik di kota tegal hingga program literasi pendidikan.

Untuk pembelajaran baca Al-quran sendiri, pihaknya menyiapkan tiga guru agama ustadzah untuk mengajari langsung para ibu hingga nenek di terminal. Dimasa pandemi ini, pihak TBM Sakila Kerti juga menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) seperti halnya Memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

Diwaktu yang sama, pihak TBM Sakila Kerti juga menggelar pemotongan kue tart peringatan Hari Pers Nasional Ke 75. Perayaan sederhana ini merupakan bentuk perhatian khusus dari TBM Sakila Kerti kepada para rekan rekan pers yang selama ini telah bermitra dengan baik.

" Saya mengucapkan selamat hari pers, semoga pers selalu komunikatif dan senantiasa terjalin
hubungan baik terus berkelanjutan" Harap Dr. Yusqon.(hid/spn).

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar