Sekda Aceh Pantau Pelaksanaan Seleksi Eselon II

Sekda Aceh Pantau Pelaksanaan Seleksi Eselon II red spn

BANDA ACEH – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Taqwallah, memantau pelaksanaan salah satu tahapan seleksi kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) atau eselon II di lingkungan Pemerintah Aceh yang dilaksanakan di kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh, Kamis, (18/2/2021).

Pelaksanaan tahapan seleksi tersebut berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.
Ikut mendampingi Sekda dalam pemantauan tersebut, Sekretaris Panitia Seleksi, Makmur Ibrahim, Kepala BPSDM Aceh, Syaridin dan Kepala Inspektorat Aceh, Zulkifli.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Aceh membuka seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Aceh. Hal itu berdasarkan pengumuman Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Nomor : Peng/Pansel/01/I/2021 yang dikeluarkan Kamis (28/1/2021).

Sekretaris Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Makmur Ibrahim, menyebutkan, tahapan seleksi tersebut diikuti oleh 145 orang peserta. Mereka merupakan peserta yang berhasil lolos seleksi administrasi.

“Sebelumnya yang mendaftar ada 175 orang, namun dari hasil seleksi administrasi hanya 147 orang yang lolos untuk mengikuti ujian selanjutnya. Tapi yang hadir mulai kemarin kita laksanakan psikometri hanya 145 orang, dua orang tidak hadir,”kata Makmur.

Makmur menjelaskan, tahapan seleksi yang tengah diikuti peserta tersebut adalah tahapan penulisan makalah atau in-basket. Penulisan makalah tersebut merupakan tahapan seleksi yang ketiga, setelah sebelumnya melalui tahapan administrasi dan tes Psikometri.

“Tahap selanjutnya peserta akan mengikuti Leaderless Group Discussion (LGD), yaitu metode diskusi tanpa pemimpin,”kata Makmur.
Kemudian, peserta akan mengikuti tahap seleksi yang terakhir yaitu tahap wawancara. Tahapan tersebut dilaksanakan sekaligus dengan presentasi makalah.

“Tahapan terakhir ini akan berlangsung selama delapan hari, karena satu hari wawancara itu maksimal selesai tujuh orang dari pagi sampai sore,”kata Makmur, seraya menambahkan, pengumuman akhir hasil seleksi tersebut ditargetkan pada tanggal 6 Maret 2021 mendatang.

Makmur mengatakan, para peserta tersebut bersaing mengikuti seleksi kompetensi untuk meraih 15 jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau eselon II yang lowong. Ke-15 jabatan tersebut, yaitu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh, Kepala Dinas Pengairan Aceh, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Aceh, Kepala Dinas Sosial Aceh, dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin, Kepala Badan Kepegawaian Aceh.

Selanjutnya, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Aceh Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh, Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak Aceh, Wakil Direktur Pengembangan SDM Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Zainoel Abidin, Wakil Direktur Penunjang RSUD dr. Zainoel Abidin serta Wakil Direktur Administrasi dan Umum RSUD dr. Zainoel Abidin.(spn/aceh).

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar