Mayjen TNI Totok Imam Santoso Lakukan Penyegaran Dalam Lingkungan Akmil Magelang

Mayjen TNI Totok Imam Santoso Lakukan Penyegaran Dalam Lingkungan Akmil Magelang Dok Humas

SINAR PAGI NEWS, MAGELANG - Gubernur Akademi Militer (Akmil), Mayjen TNI Totok Imam Santoso melakukan penyegaran dalam lingkungan Akmil Magelang, Jawa Tengah.

Kini, suasana berbeda terasa di Akmil. Sejumlah infrastruktur di kawasan tersebut diperbaharui.

Seperti, Gapura, Rumah Jaga, Patung Taruna di pintu satu dan Taman Damarwulan di Seputan Paviliun V, Kelas Microteaching, dan Perkasa Fitness Center dilakukan pemugaran, juga Jalan Dendemonlat dilakukan pengaspalan.

Dikatakan Totok, pintu satu masuk Akmil mempunyai filosofi tiang penyangga terdiri atas tujuh pilar yang artinya Sapta Marga merupakan harga mati bagi prajurit dan Pitulungan (pertolongan) serta Pitutur (petuah) yang berarti mari saling menasehati dan saling menolong satu sama lain.

Sementara untuk pilar di atas ada tiga tingkat mengandung filosofi tanggap, tanggon dan trengginas, serta saling asah, asih, dan asuh.

"Juga filosofi dari Syekh Subakir Sopo Salah Seleh. Yang di atas ada Maskot Stupa Borobudur yang artinya Borobudur berada di wilayah Magelang," jelasnya, dalam keterangan tertulis, Senin (15/3).

Menurut Totok, pihaknya berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Magelang dalam upaya melakukan pembaharuan berbagai infrastruktur di Akmil. Totok berharap, kedua belah pihak dapat saling bersinergi membangun Akmil dan Kota Magelang.

"Kita kelola bersama, kita besarkan bersama dalam rangka Akmil dan Magelang lebih maju," ucapnya.

Totok kemudiam menuturkan terkait kelas Micro Teaching yang diperbaharui. Dia mengatakan, hal itu bertujuan untuk melatih Guru Militer Akmil (Gumil) dengan metode latihan yang dirancang sedemikian rupa agar memperbaiki keterampilan mengajar calon Gumil.

Kemudian, para calon Gumil dapat mengembangkan pengalaman profesionalnya, terkhusus keterampilan mengajar dengan cara menyederhanakan atau memperkecil aspek pembelajaran, sehingga Gumil dapat diketahui keunggulan dan kelemahan secara akurat.

Selanjutnya, dibangunnya ruang fitnes Perkasa Fitness Center tersebut untuk membentuk prajurit profesional. Terutama organik Akademi Militer agar memiliki tubuh ideal, dapat bergerak cepat dalam melaksanakan tugas serta siap setiap saat untuk mendukung tugas-tugas TNI AD sesuai dengan perintah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mengharapkan, agar sarana Perkasa Fitness Center ini dapat dipergunakan dan dijaga sebaik-baiknya, serta tetap terpelihara dengan baik, sehingga fasilitas ini dapat dimanfaatkan secara optimal bagi peningkatan kebugaran seluruh prajurit Akademi Militer," katanya.

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar