Ditjen Perhubungan Darat Gelar Webinar Bertajuk Strategi Meningkatkan Angkutan KSPN dan Angkutan Pariwisata

Ditjen Perhubungan Darat Gelar Webinar Bertajuk Strategi Meningkatkan Angkutan KSPN dan Angkutan Pariwisata Dok Puspen TNI

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA, - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia pada hari ini mengadakan Webinar dengan tajuk “Strategi Meningkatkan Angkutan KSPN dan Angkutan Pariwisata Dalam Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.” Melalui aplikasi Zoom serta disiarkan langsung melalui live streaming Youtube Ditjen Perhubungan Darat.

Program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) merupakan salah satu program prioritas nasional, sehingga diperlukan kolaborasi multisektor. Adapun dalam acara ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Drs. Budi Setiyadi, S.H., M.Si., Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenko Marves, Drs. Kosmas Harefa, M.Si, Subkoordinator Aksesibilitas dan Konektivitas, Kemenparekraf, Rickayatul Muslimah, serta beberapa jajaran di kementerian, instansi, organisasi dan dunia usaha terkait.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Drs. Budi Setiyadi, S.H., M.Si mengatakan, “Sinergitas instansi (Kementerian/Lembaga), organisasi dan dunia usaha baik pusat dan daerah yang bergerak di bidang transportasi dan pariwisata mutlak diperlukan untuk selalu melakukan upaya inovasi dalam mengembangkan kualitas kinerja penyelenggaraan pelayanan angkutan KSPN yang aksesibel dan terintegrasi dengan moda transportasi lain, sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan angkutan wisata berkelas dunia,” Kata Drs. Budi Setiyadi, S.H., M.Si dalam sambutannya.

Sebagai langkah nyata dalam mendukung KSPN, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, bekerjasama dengan pihak-pihak terkait dengan serius memberikan pelayanan berupa penyediaan pelayanan angkutan KSPN dan angkutan Pariwisata yang terintegrasi, aman, selamat, nyaman, sehat dan terjangkau dengan menghubungkan antar simpul transportasi dengan kawasan pariwisata, menyediakan kendaraan yang laik jalan, kondisi interior yang nyaman serta menyediakan anggaran subsidi atau stimulus lainnya. 

“Kemenhub mendorong penggunaan sarana transportasi prima juga ramah lingkungan di Kawasan pariwisata yang dikelola oleh usaha kecil dan menengah serta warga masyarakat pada umumnya dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan lalu lintas dan kelestarian lingkungan,” Kata Drs. Budi Setiyadi, S.H., M.Si menjelaskan.

Untuk mendukung produktivitas di sektor pariwisata pada tatanan normal baru (new normal), Adapun selama masa pandemi Covid-19 sekarang ini, demi kenyamanan dan keamanan penumpang,kemenhub telah menerapkan protokol kesehatan sesuai standard WHO, yaitu mewajibkan penumpang memakai masker, social distancing, menjaga kapasitas kendaraan sebesar 50% dan penyediaan hand sanitizer di dalam kendaraan serta menerapkan cashless payment. 

“Pelayanan angkutan KSPN diharapkan memberikan peran penting dalam meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas para wisatawan ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, yang dapat menghidupkan banyak sektor demi kesejahteraan masyarakat, memperkecil ketimpangan, menarik investor serta menciptakan peluang ekonomi lokal,” Kata Drs. Budi Setiyadi, S.H., M.Si menjelaskan. 

Guna mendorong pelayanan KSPN yang lebih maksimal, beberapa hal juga akan dilakukan diantaranya adalah Penerapan Angkutan KSPN yang lebih aman, nyaman, dan transparansi informasi yang lebih massive melalui digital marketing.

Dalam Webinar ini, Pemerintah serta stakeholder sepakat untuk bersinergi untuk mengembangkan Industri pariwisata, khususnya di bidang angkutan KSPN. Drs. Kosmas Harefa, M.Si, Subkoordinator Aksesibilitas dan Konektivitas, Kemenparekraf mengatakan, “Tanpa keterpaduan dalam mendukung sektor pariwisata, mungkin tdak akan bisa mengalami kemajuan dalam pembangunan sektor ini,” Ujar Drs. 

Kosmas Harefa dalam akhir paparannya. Ir. Ateng Aryono, M.B.A Sekjen ORGANDA mengatakan dukungannya terhadap program ini, “Kami siap berkolaborasi dengan setiap stakeholder yang ada dalam penyelenggaran angkutan pariwisata, sehingga sinergitas ini diharapkan akan menjadi daya tarik untuk KSPN,” Tutupnya.

Tentang KSPN

KSPN adalah kawasan yang memiliki fungsi utama pariwisata atau memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata nasional yang mempunyai pengaruh penting dalam satu atau lebih aspek, seperti pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya, pemberdayaan sumber daya alam, daya dukung lingkungan hidup, serta pertahanan dan keamanan sehingga ditetapkan sebanyak 88 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). 

Editor: Aa-b

Bagikan melalui:

Komentar