Doktor Salim Sampaikan Sejarah Pandemi dan Cara Menyikapinya

Doktor Salim Sampaikan Sejarah Pandemi dan Cara Menyikapinya Dok

SINARPAGINEWS.COM,JAKARTA - Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim Segaf Al-Jufri menjadi pembicara utama dalam acara Panduan Umat di Masa Pandemi Covid-19 yang diadakan oleh Perkumpulan Alumni Jam’iah Islamiyah Madinah, acara yang diselenggarkan secara virtul ini digelar pada hari Ahad, (11/7/2021).

Doktor Salim mengungkapkan pentingnya menggali sejarah pandemi yang terjadi di dunia, agar tidak muncul sikap yang keliru karena kurangnya pemahaman tentang pandemi Covd 19 yang terjadi saat ini.

“Tidak mungkin kita memberi panduan tentang sikap, panduan atau hukum ketika tashawwuur, pengetahuan akan apa yang sedang terjadi tidak jelas, sehingga muncul bahasa konspirasi karena tida ada tashawur yang tidak jelas itu sendiri, ungkap Doktor Salim.

“yang seperti terjadi di negeri kita ini sebelumnya pernah terjadi pandemi yang terjadi di dunia,” lanjutnya.

Doktor Salim kemudian menyampaikan rangkaian peristiwa pandemi yang pernah terjadi di belahan dunia, dimulai dari wabah Athena tahun 42-427 Sm, wabah 165-180 M, wabah Yustinianus 541-541 M, wabah Black Death 1347-1351 M, wabah Kolera 1817-1827 M dan awabah terakhir yang terjadi di dunua Flu Spanol 1918-1920.

Ia menegaskan tak jarang ketika terjadi wabah, sering diikuti dengan perubahan besar seperti runtuhnya kekaisaran Byzantium, munculnya Turki Utsmani, menurutnya wabah covid 19 yang terjadi saat ini membawa perubahan besar terutama di bidang digital dan teknologi.

Doktor Salim mengajak agar umat Islam dalam menyikapi pandemi, selain mengikuti panduan dari para ulama dan ahli, lebih mendekatkan diri kepada Allah.

“Penting sekali kita kembali kepada Allah dalam menyikapi pandemic ini, saya teringat ketika terjadi wabah di zaman Sayyidina Umar beliau mengatakan wabah yang sedang terjadi agar kaum muslimin kembali kepada Allah SWT,” pungkas Doktor Salim.(spn/pks)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar