Monev Sinergi PROSPPEK Papua Barat

Monev Sinergi PROSPPEK Papua Barat Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM,PAPUA BARAT - Sebuah proses pembangunan tentu saja membutuhkan sesuatu bernama sinergi, sebuah kerja sama lintas sektor. Tidak mungkin sebuah pembangunan bisa berjalan sendiri-sendiri, setidaknya hasil yang akan dicapai tidak akan maksimal. Termasuk pembangunan di tingkat kampung.

Pentingnya sinergi ini disadari betul oleh tim KOMPAK-BaKTI sebagai mitra dalam program PROSPPEK-Otsus yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat. PROSPPEK-Otsus sendiri adalah sebuah program sinergi pembangunan kampung yang menggunakan dana Otsus. Dalam pelaksanaannya, beberapa mitra ikut terlibat, termasuk KOMPAK-BaKTI.

Salah satu bentuk sinergi antar pelaksana pembangunan yang dimaksud adalah kerja sama antar beberapa unsur di tigkat kampung dalam melaksanakan pembangunan. Beberapa unsur tersebut adalah unsur pendidikan yang diwakili oleh kepala sekolah, unsur kesehatan yang diwakili oleh kepala Puskesmas, dan unsur pemerintahan yang diwakili oleh kepala kampung.

Sinergi ini dimulai di tahap perencanaan. Misalnya, pihak sekolah akan membuat perencanaan tentang apa yang sebenarnya mereka butuhkan dalam menjalankan fungsi sebagai tempat pendidikan bagi anak-anak kampung. Kebutuhan mereka bukan hanya berupa kebutuhan fisik saja, namun bisa jadi kebutuhan non fisik lainnya. Dalam perencanaan itu, pihak sekolah akan melakukan pemetaan kondisi pendidikan di kampung tempat mereka berada.

Pemetaan itu menjadi dasar untuk membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan, termasuk daftar kebutuhan mereka. Perencanaan dan daftar itu akan didiskusikan dengan kepala kampung untuk menemukan satu titik yang memungkinkan pihak sekolah dan kampung bisa bekerja sama.

Hal yang sama juga dilakukan oleh pihak Puskesmas. Mereka akan melakukan perencanaan yang dimulai dengan pemetaan kondisi dan kebutuhan. Dari perencanaan itu, bisa terlihat bagian mana yang bisa dibantu atau didukung oleh pihak kampung.

Proses sinergi tingkat kampung ini memungkinkan lahirnya sebuah perencanaan kampung yang lebih komprehensif dan menyeluruh. Pembangunan di kampung bisa terjadi tanpa ada tumpang tindih kegiatan antar sektor layanan, namun justu terjadi sinergi atau kerja sama.

Sinergi atau kerja sama antar unit layanan di kampung ini adalah salah satu bagian dari sasaran program PROSPPEK Otsus di Papua Barat.

Monitoring dan Evaluasi Sinergi
Idealnya, pelaksanaan kegiatan membutuhkan monitoring dan evaluasi sepanjang pelaksanaan kegiatan. Tujuannya, agar kegiatan tersebut tetap bisa diketahui perkembangannya, apa kendalanya, dan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Tidak terkecuali pada program PROSPPEK-Otsus.

Tanggal 24-25 Mei yang lalu, tim KOMPAK-BaKTI mulai menggelar kegiatan Pelatiihan Monitoring Implementasi Sinergi Perencanaan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi bekal kepada pelaksana layanan di tingkat kampung seperti Puskesmas, sekolah, dan aparat kampung agar bisa melakukan monitoring terkait pelaksanaan sinergi di tingkat kampung.

Pelatihan ini dimulai di kota Sorong dengan peserta dari Kabuupaten Sorong, utamanya dari Distrik Makbon dan Seget. Mereka adalah para aparat kampung seperti kepala kampung, sekretaris kampung, serta kader kampung. Lalu ada lagi petugas Puskesmas termasuk Kepala Puskesmas, dan tentu saja perwakilan dari sekolah.

Dalam pelatihan ini peserta diajarkan bagaimana melakukan monitoring kerja sama dan sinergi pembangunan di kampung. Pihak BaKTI-Landasan memperkenalkan alat monitoring yang bisa digunakan untuk untuk mereka yang akan melakukan monitoring dan evaluasi sinergi di tingkat kampung.

Pelatihan monitoring dan evaluasi di Sorong dilanjutkan dengan pelatihan yang sama di Kaimana 27-28 Mei 2021 dan Fakfak 3-4 Juni 2021.

Harapannya, setelah pelatihan ini para peserta bisa melakukan monitoring dan evaluasi sinergi perencanaan di tingkat kampung. Monitoring dan evaluasi ini bisa menjamin terlaksananya sinergi perencanaan yang bisa memastikan pembangunan di kampung bisa terlaksana dengan baik.(spn/hms)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar