Resmi di Buka, Balap Street Race Akan di Kembangkan ke Tangsel dan Bekasi

Resmi di Buka, Balap Street Race Akan di Kembangkan ke Tangsel dan Bekasi Enjang SutarnaPolda Metro Jaya Kapolda Metro Jaya Irjen Pol MĀ Fadil Imran

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA, - Street Race Polda Metro Jaya resmi dibuka oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran. saat sambutannnya Kapolda mengatakan ini bukanlah ajang balap liar, tetapi transformasi balap Street Race.

"Saya tidak ingin menyebut balap liar, karena balap itu tidak diwadahi. Tapi ini sudah diwadahi. Jadi ini transformasi balap Street Race," kata Fadil di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).

Meskipun hujan balapan liar remaja dibuktikan oleh janji dari Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr M Fadil Imran merangkul sekaligus memfasilitasi jalan untuk para pelaku balap liar remaja di kawasan Jalan Lodan Raya atau Jalan Inspeksi Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Jalan tersebut menjadi tempat resmi balap liar (street race) dengan lintasan panjang 1,1 kilometer secara resmi digelar oleh Polda Metro Jay.

Street race perdana ini diikuti 350 pebalap dari delapan kategori. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran mengungkapkan berencana menggelar street race tak hanya di kawasan Ancol.

lokasi balap motor selanjutnya tengah dipersiapkan beberapa Polres seperti Polres Tangerang Selatan, Polres Bekasi yang menyatakan siap mengakomodir gelaran ini.

"Nanti saya akan minta masing-masing Polres mencari tempat di wilayahnya masing-masing untuk memfasilitasi adik-adik yang berbakat dalam dunia motor sport," ujarnya.

Fadil mengatakan, beberapa Polres menyambut baik rencananya tersebut. Dia menyebut lokasi balap motor selanjutnya tengah dipersiapkan beberapa Polres seperti Polres Tangerang Selatan, Polres Bekasi yang menyatakan siap mengakomodir gelaran ini.

"Saya sudah minta Kasatlantas Bekasi, Kasatlantas Tangerang untuk mencari lokasi. Dan alhamdulilah di Tangsel, di Serpong sudah siap nanti kita akan akomodir, fasilitasi, kanalisasi, adek-adek ini untuk wilayah daerah penyangga Tangerang," kata Fadil.

Bahkan, Fadil menegaskan bahwa balapan perdana ini bukanlah sekedar seremonial, melainkan ajang balapan yang akan berkelanjutan secara tiga bulan sekali.

"Jangan dilihat hari ini saja, ini sebuah awalan dari ikhtiar transformasi. Kegiatan ini adalah sebuah dan metode yang sudah dikembangkan oleh Polda Metro Jaya," kata dia.

Berdasarkan pantauan dilapangan, sejumlah para remaja yang tergabung dari berbagai Komunitas hadir untuk ajang latihan balapan kendaraan bermotor nya dari lokasi Start yang sudah di sediakan.

Terlihat juga dihadiri oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo, Kadishub DKI, Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam keterangan Irjen Pol Dr M Fadil Imran menjelaskan kepada wartawan, “Perlu digarisbawahi, kegiatan ini bukan seremonial. Kegiatan ini akan berkelanjutan,” ujarnya.

Untuk mewujudkan balapan resmi lainnya, Fadil meminta agar jajaran polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya untuk mencari lokasi balap jalanan legal. “(Polres) Tangerang Selatan sudah siap (menggelar street race). 

Nanti kita akan akomodir adik-adik (pebalap) ini di wilayah penyangga, seperti di Tangerang Selatan. Nanti saya minta masing-masing polres mencari (lokasi street race),” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat dan Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan ini dapat menjadi role model atau contoh bagi Polda lainnya di seluruh Indonesia. 

"Agar menjadi role model bagi Polda-Polda seluruh Indonesia. Dan yang penting menemukan bibit pembalap Indonesia," katanya.

Hadir pula Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin, dan Pembalap Nasional Rifat Sungkar.

Editor: Chairul Ichsan

Bagikan melalui:

Komentar