TOURING BELA NEGARA series: Suarakan Bela Negara dan Pembumian Pancasila dengan Bahasa Otomotif

TOURING BELA NEGARA series: Suarakan Bela Negara dan Pembumian Pancasila dengan Bahasa Otomotif Chairul Ichsan

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA - Belakangan ini panitia touring bela negara series (TBN series) banyak menggelar acara yang melibatkan puluhan bahkan ratusan perwakilan komunitas otomotif roda empat diseputaran jabodetabek.

Redaksi menemui ketua presidium TBN series donny pur, Rabu (27/4) yang juga merupakan pengusaha hotel berbintang dan komisaris di beberapa perusahaan multifinance diindonesia di kantornya dibilangin jalan MH thamrin, Jakarta Pusat. Berikut petikan wawancaranya :

Bisa diceritakan lebih jelas apa itu panitia nasional touring bela negara series?

Jawab: Panitia nasional touring bela negara series ini terbentuk dari semangat dan cita-cita kami para pendiri yang kebetulan beberapa diantaranya merupakan alumni LEMHANAS RI dan juga saya pribadi yang saat ini menjabat kepala Badan Koordinasi Cadangan Nasional (BAKORCADNAS) dimana bakorcadnas ini telah bekerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk ikut serta membumikan pancasila.

Di sisi lain kami semua juga adalah orang-orang yang sangat suka dengan otomotif, kedua hal inilah yang ingin kami sinergikan untuk membikin suatu gelaran acara otomotif dengan banyak komunitas yang berbeda beda dengan mengangkat tema bela negara dan pembumian pancasila.

Dalam perjalananya kami bertemu dengan beberapa ketua komunitas mobil dan pengurusnya hingga akhirnya sepakat membentuk panitia nasional Touring bela negara series yang juga sudah terdaftar dan memperoleh nomor AHU dari kemenkumhan serta memiliki NPWP aktif sebagai bukti taat pajak.

Apakah ini komunitas atau club otomotif baru?

Jawan: Ini bukan klub mobil baru, justru disini anggotanya adalah perwakilan atau pengurus dari komunitas atau club masing masing yang beraneka ragam jenis mobilnya, jadi mereka masuk dengan membawa identitasnya sendiri.

Disini kami berkolaborasi dengan bermacam komunitas hingga terjadilah dengan apa yang dinamakan bhineka tunggal ika otomotif dan dari situ kami bentuk namanya Panitia Nasional Touring Bela Negara Series yang memiliki agenda acara sepanjang tahun.

Kenapa memasukkan bela negara dan pembumian pancasila? Bukankah ini club otomotif?

Jawab: Justru itu, kami ingin memberikan bakti diri dan ilmu yang didapatkan kami tentang wawasan kebangsaan, hanya karena ini komunitas otomotif tentunya kami memiliki cara yang berbeda atau dengan kata lain kami coba membumikan pancasila dan bela negara dengan bahasa otomotif.

Disamping itu kita tahu bahwa dewasa ini informasi melalui medsos sangat banyak sekali hoax yang melunturkan nasionalisme kita sebagai bangsa, disini kami ingin berpartisipasi aktif dan masif dalam menyuarakan nasionalisme dengan positif.

Contoh kegiatannya apa saja?

Jawab: Di setiap gelaran acara kami berupaya memasukkan yel-yel tentang nasionalisme dan banyak menyanyikan lagu nasional, menampilkan keberagaman peserta dari banyak komunitas yang berbeda-beda tetapi bisa guyub bersama sama hadir dalam satu acara.

Lalu kami juga banyak menggandeng BUMN, perbankan nasional, instansi pemerintah, tokoh nasional maupun jalan jalan ke tempat bersejarah. Jadi sambil menjalankan hobi kita bisa membuka dan menggelorakan semangat bela negara dan pembumian pancasila.

Diwaktu kapan acara TBN series di gelar?

Jawab: Kami memiliki agenda nasional sepanjang 2022 ini sebanyak 12 kali event, tentu tidak semua diisi oleh kegiatan touring saja, tetapi juga ada banyak edukasi dan pendidikan. Kami juga banyak menggelar gathering dengan praktisi bisnis, perbankan dan lainnya.

Intinya kami mengisi dan melengkapi banyak kegiatan otomotif dari masing masing klub. Kalo hanya sekedar turing dan kopdar mereka sendiri sudah rutin menjalankannya masing-masing, kami disini men coba meramu gelaran acara yang berbeda.

Berapa banyak member TBN series?

Jawab: Sementara ini sudah bergabung 121 komunitas atau club mobil, dengan jumlah total member mencapai belasan ribu diseputaran jabodetabek. Di kepanitiaan sendiri pun kita berasal dari komunitas yang ber beda. Seriap kopdar kami selalu undang antara 100 sd 150 orang perwakilan komunitas.

Apakah ada syarat khusus mengikuti TBN series?

Jawab: Syarat khusus selain klub mobil dan diketahui ketua umumnya, wajib memiliki semangat nasionalisme dan mau ikut serta pembumian pancasila dan bela negara. Di TBN series dari mobil 900 cc bisa bergandengan dan berbaur dengan mobil 6000cc. Segala jenis mobil kami welcome sepanjang satu visi dengan kami.

Membuat acara rutin setiap bulan dengan mengundang sampai ratusan perwakilan mmnbutuhkan banyak biaya, dari manakah sumber pendapatannya?

Jawab: Seluruh biaya kegiatan kami adalah murni dari sponsor dan kas panitia, kami tidak pernah menarik biaya dari peserta. Kami bahkan menservice mereka secara maksimal baik itu kita pilihkan tempat terbaik maupun menu makanan terbaik serta disetiap acara kami selalu bagikan dooprize dan hadiah hadiah menarik lainnya.

Dengan lembaga mana sajakah yang sudah bekerja sama?

Jawab: Banyak sudah diantaranya kami sudah melakukan MOU dengan direktur utama PT pegadaian di bulan maret lalu, mereka mendukung kegiatan kami selama 2 tahun kedepan. Dengan bank BRI juga sudah melakukan MOU buat kegiatan selama 1 tahun kedepan. Begitupun dengan kimia farma. Ada juga dari perbankan swasta yaitu bank mega dan bank CIMB. Diikuti oleh carerra dan juga diversey serta banyak lagi.

Goal apa yang diharapkan di tahun 2022 ini?

Jawab: Kami ingin menggandeng kementerian terkait dan juga para stakeholder buat bersama sama dan saling dukung menyuarakan nasionalisme dengan bahasa otomotif di seluruh komunitas otomotif diindonesia. Di tahun 2022 ini kami ingin buat rekor otomotif nasional yang mengangkat tema nasionalisme dan goals utamanya, kami ingin para perwakilan yang ikut di acara TBN series dapat menjadi duta pembumian pancasila dan bela negara di komunitasnya masing masing.

Terakhir, kenapa tertarik terjun langsung disela kesibukan anda yang padat?

Jawab: Ini beda bukan sekedar klub otomotif, disini kita bisa berkumpul tanpa sekat dan batas dan semuanya sama sama ingin menggelorakan nasionalisme dengan sambil menjalankan hobi otomotifnya.

Jadi terjun langsung di TBN series ini adalah benang merah dan juga bakti diri kami sebagai warga negara untuk bersama sama komponen masyarakat lainnya berperan aktif menggelorakan semangat nasionaliame di negeri tercinta ini dengan bahasa kami.

Editor: Chairul Ichsan

Bagikan melalui:

Komentar