Yayasan Rimbawan Indonesia (YRI)

Indahnya Berbagi di Bulan Ramadhan, YRI Gelar Kurma 2022 dari Aceh Sampai Papua

Indahnya Berbagi di Bulan Ramadhan, YRI Gelar Kurma 2022 dari Aceh Sampai Papua Asep Ruslan Yayasan Rimbawan Indonesia (YRI) gelar Kurma 2022 di sekitar kampus Unwim Tanjungsari Kab. Sumedang, Minggu 24 April 2022 (Foto/SPN/Asep/YRI)

Menyantuni anak yatim piatu, dhuafa dan orang sakit ataupun tertimpa kedukaan lainnya di bulan Ramadhan, sudah menjadi agenda kegiatan rutin yang dilakukan pleh Yayasan Rimbawan Indonesia (YRI) yang berdiri sejak 30 Oktober 2009.

SINARPAGINEWS.COM, SUMEDANG - Berbagi adalah memberi segala hal yang penting bagi hidup kita, berbagi juga bisa kepada Tuhan atau ciptaan tuhan, bahkan setiap hal di bumi ini. Makhluk sosial, itulah sebutan manusia, dimana manusia saling membutuhkan dan dibutuhkan. Kita membutuhkan orang lain, begitu pula orang lain juga membutuhkan kita. Karena itu manusia sebagai makhluk sosial harus saling berbagi.

Bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan bulan-bulan lain. Bulan Ramadhan merupakan kesempatan besar sekaligus menjadi acuan bagi seluruh umat muslim untuk kembali meningkatkan kuantitas dan kualitas beribadah.

Yayasan Rimbawan Indonesia (YRI) gelar Kurma 2022 di Kam. Mbima Jaya Distrik Tomage, Fakfak Papua Barat, Sabtu 30 April 2022 (Foto/SPN/Asep/YRI)

Bulan Ramadhan adalah momen teraik untuk saling berbagi, menebar kebahagiaan serta keberkahan di bulan yang suci ini, melebarkan ukhuwah, silaturahmi serta menebar manfaat di masyarakat.

Menyantuni anak yatim piatu, dhuafa dan orang sakit ataupun tertimpa kedukaan lainnya di bulan Ramadhan, sudah menjadi agenda kegiatan rutin yang dilakukan pleh Yayasan Rimbawan Indonesia (YRI) yang berdiri sejak 30 Oktober 2009.

Yayasan Rimbawan Indonesia (YRI) gelar Kurma 2022 di Jambi, Sabtu 30 April 2022 (Foto/SPN/Asep/YRI)

YRI adalah bagian dari Organisasi Mahasiswa Pecinta Kelestarian Alam Rimbawan (MPKA Rimbawan) Fakultas Kehutanan Universitas Winayamukti (Fahutan Unwim) yang berdiri sejak 24 Februari 1979 dengan ketua DP XXXII MPKA Rimbawan adalah Dadang Maulana AG, beralamat di Kampus Universitas Winaya Mukti (Unwim) Jl. Bandung-Sumedang No.29, Gunungmanik, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

“Berbagi kepada sesama adalah hal penting, karena tanpa berbagi kita sebagai manusia kehilangan arah dan arti dari makhluk sosial itu sendiri,” kata Bhakti Nugraha, Ketua Yayasan Rimbawan Indonesia saat dihubungi Tabloid Mantap.

Yayasan Rimbawan Indonesia (YRI) gelar Kurma 2022 di Bangka Belitung, Sabtu 30 April 2022 (Foto/SPN/Asep/YRI)

Untuk Ramadhan tahun 2022, menurut Bhakti, YRI gelar kegiatan menyantuni anak yatim piatu, dhuafa maupun orang yang sakit dikemas dengan nama KURMA (Kuatkan Sedekah Ramadhan), dengan sasaran 14 titik dari Aceh hingga Papua.

"Marilah kita semua bersyukur karena saat ini masih diberikan kesempatan dan kemampuan untuk berbagi dengan mereka yang dicintai, yaitu: 1). Anak yatim piatu dan duafa dari luar Anggota Luar Biasa (ALB) MPKA Rimbawan di berbagai daerah di seluruh Indonesia 2). Anak yatim piatu dan dhuafa ALB MPKA Rimbawan, 3). ALB MPKA Rimbawan yang sakit dan sedang diuji sakit  atau musibah lainnya," kata Bhakti Nugraha, Ketua Yayasan Rimbawan Indonesia saat dihubungi Tabloid Mantap.

Yayasan Rimbawan Indonesia (YRI) gelar Kurma 2022 di Samarinda Kalimantan Timur, Sabtu 30 April 2022 (Foto/SPN/Asep/YRI)

Lebih rinci Bhakti menjelaskan, target santunan untuk anak yatim piatu dan dhuafa yang berasal dari luar ALB MPKA Rimbawan dari Aceh sampai Papua berjumlah 202 anak dan 34 duafa/janda/jompo. Total santunan untuk anak yatim piatu dan dhuafa ALB MPKA Rimbawan sejumlah 28 anak dari 21 orang yang tersebar di Bandung, Cirebon, Kudus, Bogor, Banjar, Jambi, Majalengka, Palangkaraya, Batam, dan Banyumas. Dan total santunan ALB MPKA Rimbawan yang sakit atau terkena musibah lainnya sebanyak 12 orang.

“Kita sekarang menjadi saudara walaupun bukan sedarah, kita adalah bagian kecil dari tubuh yang besar. Merasakan kesedihan dan kebahagiaan bersama. Saling menguatkan bila ada saudara kita sedang diuji kesedihan, sehingga membuat hati lebih kuat menerima semua bagian dari episode kehidupan dunia,” ujarnya.

Untuk itu menurut Bhakti, sesuai kemampuan setiap anggota MPKA Rimbawan yang tersebar di seluruh Indonesia, yang sedang dan telah berkarya di berbagai lapak jalan rizkinya. Dari seluruh Anggota Muda dan Anggota Luar Biasa MPKA Rimbawan yang sudah memiliki anak dan cucu, mereka telah menyisihkan sebagian rezekinya melalui Koropak Rimbawan.

Yayasan Rimbawan Indonesia (YRI) gelar Kurma 2022 di Banda Aceh, Sabtu 30 April 2022 (Foto/SPN/Asep/YRI)

Koropak Rimbawan, adalah wujud nyata salah satu kegiatan bidang sosial dan kemanusiaan YRI. Dimana Ramadhan tahun ini, sudah terkumpul uang sebesar Rp.35.270.674,- (tiga puluh lima juta dua ratus tujuh puluh ribu enam ratus tujuh puluh empat rupiah), berasal dari donasi Anggota Luar Biasa MPKA Rimbawan Fahutan Unwim dan donasi dari berbagai relasi organisasi mitra MPKA Rimbawan.

“Jazakumullah khairan katsiron kepada semua yang terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan distribusi Kurma 2022 ini. Semoga tahun berikutnya lebih banyak lagi yang dapat merasakan kebahagiaan dan keberkahan bulan Ramadhan bersama Yayasan Rimbawan Indonesia dan MPKA Rimbawan. Salam Rimbawan,” ucapnya.

Menurut Bhakti, Koropak Rimbawan sudah berjalan sejak 2017, telah menyantuni anak yatim dan piatu dari anggota MPKA Rimbawan yang telah meninggal dunia dan diluar anggota. Koropak Rimbawan juga menyantuni anggota yang sedang terbaring sakit dan yang sedang diuji kesusahan atau duka cita lainnya.

Yayasan Rimbawan Indonesia (YRI) gelar Kurma 2022 di sekitar kawasan Gn. Papandayan di Kp. Panday Ds Pakuwon Kec. Cisurupan Garut, Kamis, 28 April 2022 (Foto/SPN/Asep/YRI)

Berikut disampaikan 14 titik penyebaran KURMA 2021 dari Aceh sampai Papua.

  1. Titik 1. Kampus UNWIM Sumedang, menyantuni 25 orang duafa dan 25 anak Yatim-piatu di sekitar kawasan kampus Tanjungsari.
  2. Titik 2. Sekitar Kawasan hutan Cijambu, Desa Cijambu kec. Tanjungsari disampaikan kepada 10 anak yatim-piatu.
  3. Titik 3. Banda Aceh, disampaikan kepada 17 anak yatim yang berada di panti yatim.
  4. Titik  4. Jambi, di RT12/04 Kel. Sei Kerjaan Kec. Bungo Dani. Kab. Bungo diserahkan kepada 9 Anak yatim-piatu.
  5. Titik 5. Bangka Belitung, di Kec. Rangkui, Kota Pangkalpinang yang diberikan kepada 35 anak yatim-piatu.
  6. Titik 6. Banten di Kabupaten Lebak diserahkan kepada 10 anak yatim-piatu.
  7. Titik 7. Indramayu di Desa Mekarwaru dan Bantarwaru disampaikan kepada 20 anak yatim piatu.
  8. Titik 8. Garut, Sekitar Gunung Papandayan,  di Kp. Panday Ds Pakuwon Kec. Cisurupan Garut. Diserahkan kepada Janda tua 9 orang dan anak yatim-piatu 11 anak.
  9. Titik 9. Jawa Tengah, di Kota Semarang disampaikan kepada panti anak penyandang cacat ganda sebanyak 10 anak.
  10. Titik 10. Jawa Timur, di kab. Trenggalek disampaikan kepada 10 anak yatim-piatu
  11. Titik 11. Kalimantan Barat, di Kab. Sanggau. Disalurkan kepada 10 anak yatim-piatu.
  12. Titik 12. Kalimantan Timur, Samarinda disampaikan kepada 10 anak yatim-piatu.
  13. Titik 13. Ternate,Maluku Utara diberikan kepada 15 anak yatim-piatu.
  14. Titik 14. Papua, di sekitar kampung Mbimajaya, distrik Tomage Kab. Fakfak, Papua Parat. Diserahkan kepada 10 anak yatim-piatu.

 

Editor: Asep Ruslan

Bagikan melalui:

Komentar