Munas Ke-5 Asosiasi Perlebahan Indonesia

Hariyadi Budi Susanto Terpilih Ketua Umum API Indonesia 2022-2027

Hariyadi Budi Susanto Terpilih Ketua Umum API Indonesia 2022-2027 Asep Ruslan Munas Ke-5 API Indonesia di Taman Wisata Madu Pramuka Cibubur Jakarta, Kamis (30/6/2022)

API Indonesia menjadi representasi Indonesia di perlebahan Asia (Asian Apicutural Association atau AAA), dan perlebahan Dunia (APIMONDIA).

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA - Asosiasi Perlebahan Indonesia (API Indonesia) hadir sejak tahun 1992. Berkomitmen untuk memajukan perlebahan Indonesia demi bakti kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

API Indonesia menjadi representasi Indonesia di perlebahan Asia (Asian Apicutural Association atau AAA), dan perlebahan Dunia (APIMONDIA).

Musyawarah Nasional Asosiasi Perlebahan Indonesia (MUNAS API) adalah agenda besar lima tahunan API Indonesia yang akan memilih Ketua Umum, menetapkan susunan kepengurusan baru dan menyusun grand strategy lima tahun ke depan. Sehingga diharapkan akan menjadi lokomotif baru yang secara dinamis akan menggerakkan Perlebahan Indonesia.

Ir. Hariyadi Budi Susanto, MM, Ph.D Ketua Umum API Indonesia Periode 2022-2027

Ir. Hariyadi Budi Susanto, M.M., Ph.D secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum API Indonesia untuk periode 2022-2027 dalam acara MUNAS Ke-5 API Indonesia dengan tema, “Merawat kebersamaan dan fokus menata peta jalan industri Perlebahan Indonesia - STRONGER TOGETHER WITH API INDONESIA” di Taman Wisata Madu Pramuka Cibubur Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Ada yang sangat menarik dan patut diapresiasi dalam Munas Ke-5 API Indonesia kali in, karena pemilihan Ketua Umum dilaksanakan dengan cara musyawarah dan mufakat.

Dimana sebelumnya tiga orang yang diusulkan menjadi calon Ketua Umum, diminta oleh panitia untuk berada di tempat terpisah yang dihadiri oleh satu penasehat, dimana ketiga calon berembuk dari hati ke hati siapa yang sebaiknya menjadi Ketua Umum API Indonesia.

Panitia Munas Ke-5 API Indonesia di Taman Wisata Madu Pramuka Cibubur Jakarta, Kamis (30/6/2022)

Akhirnya setelah menunggu 5-10 menit, ketiga calon kembali ke ruangan dan sudah ada keputusan dimana Hariyadi Budi Susanto, terpilih sebagai Ketua Umum API Indonesia untuk masa bakti 2022-2027.

Proses pemilihan Ketua Umum dengan cara musyawarah dan mufakat ini sungguh sangat menginspirasi, karena tidak ada perselisihan, damai, harmonis, penuh kekeluargaan, semua senang, sangat efektif dan efisien.

Peserta Munas Ke-5 API Indonesia di Taman Wisata Madu Pramuka Cibubur Jakarta, Kamis (30/6/2022)

Hariyadi dalam sambutannya mengatakan, bahwa sebagai Ketua Umum akan berupaya memajukan organisasi dan menentukan arah dari organisasi demi kepentingan perlebahan Indonesia di masa depan.

“Visi yang pertama sekali yang menyentuh hati saya bahwa API Indonesia bisa menjadi alat untuk membantu orang lain,” kata Hariyadi.

Ia menceritakan bahwa dalam pertandingan sepakbola sering kita lihat dalam durasi 80 menit itu 75 menitnya sia-sia, dan hanya 5 menit terakhir yang membuat Goal.

“Siapa tahu di akhirat nanti, kita ditimbang amalannya kurang sedikit tapi ternyata yang bisa membantu adalah doa para petani-petani lebah di desa-desa yang terus-terus mendoakan kita (Red. Pengurus API Indonesia),” ujarnya.

Panitia Munas Ke-5 API Indonesia di Taman Wisata Madu Pramuka Cibubur Jakarta, Kamis (30/6/2022)

Selanjutnya Hariyadi mengatakan terkait ilmu perlebahan dirinya masih nol, tapi berkat bimbingan para senior-senior dan Bapak/Ibu para pakar di dunia perlebahan dirinya akan belajar dan terus belajar.

“Mari kita bersama-sama membawa organisasi ini (red. API Indonesia) di seluruh Indonesia, kita kerahkan pasukan tawon-tawon ini untuk menjadi sarana kita beramal dan Insya Allah rezeki akan selalu mengikutinya,” pungkas Hariyadi Budi Susanto Ketua Umum API Indonesia Periode 2022-2027.

Peserta Munas Ke-5 API Indonesia di Taman Wisata Madu Pramuka Cibubur Jakarta, Kamis (30/6/2022)

Perwakilan anggota API yang hadir di Munas Ke-5 API Indonesia antara lain anggota APIDA dari seluruh daerah di Indonesia, para pengusaha madu, akademisi dan tamu undangan lainnya.

 

Editor: Asep Ruslan

Bagikan melalui:

Komentar