Kemenangan Arab Saudi dan Jepang pada Piala Dunia 2022

Wapres : Kemenangan ini merupakan kebangkitan negara-negara Asia dalam ajang olahraga bergengsi

Wapres : Kemenangan ini merupakan kebangkitan negara-negara Asia dalam ajang olahraga bergengsi Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, GARUT – Euforia ajang pertandingan sepakbola Piala Dunia 2022 turut melanda Indonesia. Kemenangan Arab Saudi atas Argentina pada Selasa (22/11/2022) dan kemenangan Jepang atas Jerman dalam Liga Grup E Piala Dunia pada Rabu (23/11/2022) menjadi sejarah bagi persepakbolaan Asia. Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin pun menyebutkan, kemenangan ini merupakan kebangkitan negara-negara Asia dalam ajang olahraga bergengsi tersebut.

“Kalau menurut saya itu fenomena baru ya, fenomena baru dan itu kebangkitan Asia saya kira,” ujar Wapres saat memberikan keterangan pers usai menghadiri peringatan Hari Lahir (Maulid) Ke-18 Ponpes Al-Jauhari di Kampung Sangojar, Desa Sindanggalih, Karang Tengah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022).

“Artinya kemenangan-kemenangan itu menunjukkan adanya prestasi,” tambahnya.

Menurut Wapres, hal tersebut merupakan ajang pembuktian bahwa negara-negara di kawasan Asia memiliki potensi di bidang olahraga sepakbola dunia.

“Kita lihat nanti Afrika, artinya kalau itu terjadi konstelasi persepakbolaan itu akan berubah, tidak hanya didominasi oleh Eropa maupun Amerika latin, ternyata Asia juga berpotensi mengambil peran penting dalam persepakbolaan global,” sebut Wapres.

“Itu barangkali, itu suatu fenomena baru, nah ini kita ikuti nanti,” imbuhnya.

Sementara itu, saat dimintai tanggapan mengenai pesantren yang terdampak gempa bumi Cianjur, Jawa Barat, Wapres meminta pihak-pihak yang berkepentingan untuk dapat bertindak cepat dalam menangani korban terdampak, khususnya melalui akomodasi, pengadaan logistik, dan pengadaan pusat penanganan trauma bagi anak-anak.

“Saya meminta supaya pengungsi itu ditangani dengan baik, akomodasi tumpangannya, kemudian juga listrik, air, dan bahkan saya minta ada _trauma center_ supaya anak-anak yang mengalami trauma itu juga diterapi,” pinta Wapres.

Terakhir, Wapres mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendoakan seluruh korban terdampak bencana gempa bumi.

“Saya minta untuk di masjid-masjid terutama di pesantren-pesantren, masjid-masjid untuk melakukan salat gaib ya terhadap mereka yang sudah yang meninggal,” seru Wapres.

“Dan mudah-mudahan mereka yang sudah meninggal itu dalam keadaan syahid,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Wapres saat memberikan keterangan pers, Bupati Garut Rudy Gunawan dan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Jauhari K. H. Jujun Junaedi. 

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar