PT. Cahaya Subur Prima

Dampak Positif Keberadaan Perusahaan Bagi Masyarakat Sekitar

Dampak Positif Keberadaan Perusahaan Bagi Masyarakat Sekitar Asep Ruslan M. Syahril (34th) warga kawasan Industri Mekar Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten (Foto/SPN)

SINARPAGINEWS.COM, TANGERANG – Perang Rusia-Ukraina memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap perekonomian global karena kedua negara merupakan produsen utama beberapa komoditas yang dibutuhkan dunia. Rusia merupakan eksportir utama energi (BBM, batu bara dan gas alam cair) dan gandum. Rusia memiliki cadangan gas alam terbesar di dunia dan termurah. Eropa sangat tergantung kepada pasokan gas Rusia. Sementara itu, Ukraina adalah eksportir utama seed oil, jagung dan gandum.

Perang Rusia-Ukraina menyebabkan pasokan energi ke Eropa terhambat dan terganggunya supply chain beberapa komoditas yang dibutuhkan industri. Hal ini akan mempengaruhi kinerja industri dan rumah tangga, meningkatnya harga bahan makanan dan komoditas termasuk BBM. Kondisi ini memicu inflasi yang tinggi, sehingga berpotensi menyebabkan resesi ekonomi pada beberapa negara dan menekan pertumbuhan ekonomi global.

Secara tidak langsung perekonomian di indonesiapun setidaknya terdampak, hal yang terlihat secara langsung sudah mulai terlihat dari beberapa perusahaan yang memang sudah gulung tikar dan ada juga yang pindah dari daerah di Provinsi Banten ke daerah-daerah lainnya di luar Banten seperti ke Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Seragen yang tingkat Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) jauh lebih rendah dari Provinsi Banten. 

Kondisi seperti ini dirasakan oleh salah satu putra daerah yang domisilinya lahir dan dibesarkan dikawasan Industri Mekar Jaya Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang, Banten, yaitu M. Syahril (34th), beliau merasakan dampak positif keberadaan perusahaan-perusahaan yang ada di wilayahnya sangat membantu masyarakat dalam mengurangi pengangguran. Sebut saja salah satu Perusahaan yang bergerak di bidang produksi Sabun, yaitu PT. Cahaya Subur Prima (CSP).

“Perusahaan PT. Cahaya Subur Prima lokasinya berdekatan langsung dengan rumah saya, dimana perusahaan tersebut banyak memberikan kontribusi yang baik untuk warga sekitar. Saudara-saudara, keponakan, keluarga bisa bekerja di perusahaan tersebut,” ujar Syahril via telpon saat dihubungi Sinarpaginews.com, Jumat (20/1/2022) pagi.

Menurut Syahril, PT. Cahaya Subur Prima yang beralamat di Kawasan industri Mekarjaya manajemennya baik dan banyak menyerap tenaga kerja masyarakat sekitar.

“Perusahaan tersebut managementnya baik, memberikan gaji kepada karyawannya tepat waktu tanpa adanya penundaan dan sudah menjalankan kewajiban CSR-nya dengan menyerap tenaga kerja warga sekitarnya,” pungkasnya.

Editor: Asep Ruslan

Bagikan melalui:

Komentar