Wawancara Eksklusif Intelektual Muda, Pemimpin Yang Kreatif, Inovatif, Visioner Dan Amanah

Wawancara Eksklusif Intelektual Muda,  Pemimpin Yang Kreatif, Inovatif, Visioner Dan Amanah Aa-b Muhammad Qodri Siregar, SE, MM

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA - Ditemui disela - sela kesibukannya dikantornya disebuah gedung besar dikawasan Jl. Jendral Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (22/5/2023), Muhammad Qodri Siregar, SE, MM, pria mapan yang akrab disapa "Qodri Siregar", menuturkan panjang lebar tentang pengenalan sosok yang visioner, orientasi, dipercaya, dan amanah.

Qodri Siregar dikenal sebagai seorang sosok yang memiliki profil sederhana, murah senyum berasal dari keluarga yang bersahaja. Memiliki istri yang aktif bekerja serta berkarir di BUMN, dengan dua orang anak laki-laki dan satu perempuan. Berada dalam lingkungan keluarga akademis mendorong Qodri Siregar mengenyam pendidikan hingga Strata 2. 

Masa kecil, remaja, banyak dihabiskan di Jakarta. Bersekolah di SD Muhammadiyah 24, SMP Perguruan Cikini, dan SMAN 68. Sejak kecil dikenal sebagai sosok yang pandai, cerdas, supel, mandiri, dan pandai bergaul. Kepandaiannya tidak terlepas dari dorongan dan dukungan ayah dan ibunya.

Qodri Siregar adalah seorang tipe rendah hati dengan sosok pekerja keras yang meniti karir di bidang Ekonomi Manajemen. Menyelesaikan studi Strata 1, di Universitas Trisakti Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan dan melanjutkannya hingga jenjang Strata 2, Jurusan Magister Manajemen dikampus yang sama.

Mengawali karir di bidang Manajemen Ekonomi, Sales & Development, Banking membuat Qodri Siregar semakin menguasai dalam bidangnya. Perusahaan berskala nasional maupun internasional di Indonesia serta Bank telah banyak digeluti dalam bidang karirnya. Berbekal jejaring/Network pada usaha bisnis dengan berbagai perusahaan dan kelembagaan keuangan, Qodri Siregar berhasil menjalankan tugas dengan sangat baik dan mendapatkan posisi yang penting. Mekanisme kinerja perusahaan dalam pengembangan usaha bisnis pada bidang keuangan, adalah salah satu prestasi terhadap inovasi dalam strategi marketing Qodri Siregar.

Sosok yang pandai bergaul, luwes, membuat Qodri Siregar aktif dalam berbagai Organisasi. Pengalaman dalam Organisasi sebelum kuliah yaitu aktif dalam OSIS, MPK, juga sebagai pelatih dan Pengurus Organisasi Bela Diri Taekwondo. Saat menginjak bangku kuliah Ia aktif dalam Senat Mahasiswa Universitas Trisakti, dan Pengurus Ikatan Abang None DKI Jakarta Pusat. Pengalaman dalam berorganisasi telah membentuk pribadi yang amanah, serta kekuatan dalam sosial kemasyarakatan.

Berikut petikan wawancaranya :

(T) _Saat ini anda masih aktif bekerja sekaligus paralel aktif di beberapa organisasi bagaimana anda menyingkapinya terutama waktu dengan keluarga ?_

(J) Harta yg paling berharga adalah keluarga, saya bisa berhasil hingga saat ini merupakan perwujudan doa dari Ibu, istri tercinta beserta keluarga. Fokus pd hasil dan memanage waktu , tenaga, pikiran beserta keluarga merupakan hal yg utama. Jangan pernah menunda suatu pekerjaan yg belum terselesaikan. Dan saya selalu menyisihkan waktu untuk berbicara dg mereka d saat waktu luang, tidak terkait dengan hitungan waktu jika ada kesempatan, dan yg pasti hari libur kami manfaatkan utk berlibur bersama. Dan yg paling utama jgn lupakan shalat 5 waktu berdoa kepada Allah Swt, banyak sedekah dan berbuat baik, ini juga merupakan pondasi dr segalanya dan kunci utk meraih keberhasilan dan kesuksesan dalam kehidupan. 

(T) _Arti Dan Pandangan Organisasi bagi anda ?_

(J) Organisasi menjadi salah satu bentuk wadah pembentukan karakter, menggali dan meningkatkan keahlian. Saya mendapatkan amanah dan dipercaya untuk memegang jabatan penting dalam berbagai Organisasi. Misalnya President Mercedes Benz Classic Club Indonesia/MCCI, Ketua Bidang Perdagangan dan Distribusi Organisasi Syarikat Islam, Ketua Bidang Sosial Pengusaha Kamar Enterpreuner Indonesia, Pengurus Persatuan Besar Takewondo Indonesia DKI Jakarta, Ketua Bidang Sosial Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia, Ketua Bidang Bisnis dan UMKM Ikatan Alumni Universitas Trisakti Jakarta, Dewan Pembina Badan Pengusaha Pemuda Pancasila MPW DKI Jakarta, Ketua Bidang Sarana dan Prasarana Pemuda Pancasila DKI Jakarta, Ketua Koperasi Pemuda Pancasila DKI Jakarta, dan lain sebagainya.

(T) _Hobby anda diwaktu luang ?_

(J) Saya memiliki hobby dalam mengkoleksi barang antik dan klasik. Salah satunya adalah motor produk Inggris, Jepang, dan beberapa Mobil Mercedes-Benz. Demikian pula halnya pada kesukaan serta merawat mobil Mercedes-Benz. Hobby bagi saya, menjadi ajang atau sarana untuk sesama pecinta mobil untuk saling tukar informasi dan rasa kebersamaan. Bagi saya, memelihara serta merawat mobil adalah bagian dari ekspresi dalam menikmati keindahan, kualitas, terhadap mutu suatu karya. Sebagaimana layaknya keindahan dari suatu karya seni. Beberapa mobil Mercedes-Benz yang menyita perhatian dari perasaan seni saya adalah, S-Class W111, W108, W140, W221, E-Class W114, W115, W124,W212, C-Class W204, dan saya meyakini dalam pola pikir bahwa keberanian, optimisme, keyakinan, dan pengembangan merupakan pandangan pada suatu konsep yang matang dalam meraih kesuksesan, bahwa dalam proses meniti jenjang usaha dan karir berhubungan erat dengan sosialisasi, serta menciptakan jejaring atau network . Bersumber dari kepercayaan, kerja keras, dan amanah menjadi target serta tolok ukur dalam langkah perwujudan untuk suatu pencapaian, sehingga dalam penerapannya akan selalu menjadi contoh teladan bagi masyarakat.

(T) _Kepedulian anda terhadap NKRI, Sosial Dan kemasyarakatan ?_

(J) NKRI merupakan harga mati, sumbangsih dari suatu club dalam hal ini otomotif, terkait program, kegiatan, acara haruslah sejajar, berkolaborasi dengan pemerintah, baik dalam hal kegiatan sosial dan kemasyarakatan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

(T) _Visi Dan Misi anda terhadap perbedaan pendapat didalam komunitas ?_

(J) Sebagai seorang pemimpin kita harus bersikap netral, tegas , adil dan menyingkapi sesuatu masalah. Dan tentunya harus cepat tanggap dan tenang dalam menyingkapinya. Perbedaan pendapat itu merupakan suatu bagian dari dinamika organisasi, yang harus disingkapi dengan positif, dan dengan adanya semangat kebersamaan, serta persaudaraan, musyawarah mufakat, maka perbedaan pendapat itu akan dijadikan suatu tools untuk menuju kearah perubahan dan perbaikan dalam suatu organisasi.

(T) _Bagaimana perspective anda dalam meningkatkan manfaat komunitas untuk masyarakat umum ?_

(J) Komunitas atau club otomotif merupakan suatu wadah yang dapat membangun citra positif sehingga menjadi bagian dari kehidupan masyarakat umum, serta melahirkan kegiatan-kegiatan positif, serta mencetak generasi-generasi muda penerus perjuangan bangsa. Kedepannya ketika itu semua sdh terbentuk, maka haruslah satu langkah didepan berkolaborasi dengan pemerintah, komunitas lain, maupun sektor yg mengarah ke arah kerjasama bisnis, agar manfaat yg diberikan dapat lebih baik dan maksimal dari yg telah dilakukan sebelumnya

Demikian akhir dari wawancara eksklusif dengan Qodri, bahwa secara kreatif memandang kerja keras, kerja cerdas, dan hobby adalah suatu cerminan gaya hidup. Tidak dipungkiri menurutnya, bahwa kombinasi tersebut otomatis akan mempunyai prospek dalam bisnis yang cerah secara terukur. Semangat dalam memprioritaskan target suatu usaha dan hobby menjadikan tali erat dalam persatuan dan kebersamaan dalam suatu perbedaan. Pentingnya komunikasi yang baik, terarah dan terkoordinir merupakan acuan penting sehingga dapat memberikan banyak manfaat bagi orang lain.

Editor: Aa-b

Bagikan melalui:

Komentar