Merawat Tanaman Strawberry Agar Berbuah Lebat dan Sempurna

Merawat Tanaman Strawberry Agar Berbuah Lebat dan Sempurna Asep Ruslan Perawatan teratur agar menghasilkan buah strawberry yang lebat dan sempurna (Foto: Asep Ruslan)

Strawberry mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Hal tersebut membuat buah ini bermanfaat untuk mengoptimalkan kesehatan jantung hingga mencegah kanker.

SINARPAGINEWS.COM, CIWIDEY Strawberry adalah jenis buah beri yang biasanya berwarna merah atau merah muda, dengan biji-biji kecil di permukaannya. Buah ini memiliki rasa manis dan segar, sering ada dalam berbagai hidangan, seperti kue, selai, es krim dan salad.

Strawberry juga kaya akan vitamin C dan serat, sehingga baik untuk kesehatan. Tertarik untuk menanam strawberry? Jika ya, perhatikan cara merawat tanaman strawberry agar tumbuh dan berbuah sempurna. Perawatan buah ini cukup mudah dilakukan, hanya perlu mengetahui beberapa tips agar berbuah.

Simak Video Cara Mudah Menanam, Merawat dan Memperbanyak Strawberry

KLIK https://www.youtube.com/watch?v=XF3Uk3XUcCA

Strawberry adalah buah yang memiliki banyak manfaat dan kaya akan vitamin C, kalsium, magnesium, dan antioksidan.

Cara Merawat Tanaman Strawberry

Mengutip buku Sukses Menanam Stroberi Merawat Tanaman di Lahan Sempit, Budiati (2021: 35), berikut disampaikan Tips cara merawat tanaman strawberry dengan benar:

1. Pastikan Menanam Strawberry di Tanah yang Cocok

Cara merawat strawberry agar berbuah lebat yang pertama adalah memastikan tanah cocok dan ternutrisi. Karena itu, penting memilih tanah yang sesuai. Dilansir dari Premeditated Leftovers, buah ini paling baik tumbuh di tanah yang sedikit asam hingga netral.

Angka keasaman atau pH yang direkomendasikan, yaitu 5,5-7,0. Pastikan tanah tidak terlalu asam atau basa.

Tanaman strawberry dalam polybag di tempat terbuka (Foto: Asep Ruslan)

2. Siram Tanaman secara Rutin

Sebagai tanaman yang harus dijaga kelembapannya agar tumbuh dengan sehat, buah yang punya bentuk unik ini, perlu dilakukan penyiraman secara rutin supaya tidak kering dan mati.

Siramlah dua kali sehari, saat pagi dan sore hari, sebaiknya disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung saat menanam strawberry ini.

3. Berikan Pupuk dan Vitamin yang Tepat

Cara merawat tanaman agar tumbuh dengan cepat dan sehat yakni dengan pemberian pupuk yang tepat. Jenis pupuk yang digunakan untuk tanaman strawberry terbilang mudah didapatkan, bisa menggunakan pupuk organik maupun anorganik

Tanaman strawberry yang berbuah lebat (Foto: Asep Ruslan/Ist)

4. Potong Tangkai

Tangkai tanaman strawberry memang tidak terlalu besar, namun akan terus tumbuh seiring berjalannya waktu. Tangkai tersebut akan berakar di dekat tanaman utama dan menghasilkan tanaman baru. Namun, tanaman tersebut tetap tumbuh dengan menyerap nutrisi dari yang utama sehingga menghambat pertumbuhan salah satunya.

5. Hindari Dari Hama dan Penyakit

Cara merawat tanaman strawberry sebenarnya hampir serupa dengan tanaman lain, karena bisa terkena penyakit dan hama. Hal tersebut bisa menyebabkan tanaman strawberry justru akan mati. Maka untuk menghindari hal tersebut bisa memakai insektisida agar terhindar dari serangan hama.

Buah strawberry yang banyak manfaatnya bagi Kesehatan (Foto: Asep Ruslan/Ist)

6. Perhatikan Saat Memetik Buah

Tanaman strawberry bisa dipanen dua sampai empat bulan, baru kemudian panen kedua bisa dilakukan tiga hari setelahnya. Ketika memanen perhatikan cara memotong tangkainya gunakan gunting untuk memudahkan

Itulah beberapa cara merawat tanaman strawberry dengan mudah agar berbuah lebat dan sempurna.

Informasi Kebutuhan Bibit : +62 0813-4640-9664

 

Kontributor: Oyong

Editor: Asep Ruslan

Bagikan melalui:

Komentar