Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029

Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029 Red

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin turut menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI masa bakti 2024-2029 yang digelar di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Minggu (20/10/2024). Pada acara ini, Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wapres Terpilih Gibran Rakabuming Raka dilantik secara resmi sebagai Presiden dan Wapres RI untuk periode lima tahun ke depan.

Sekitar pukul 09.30 WIB, Wapres Ma’ruf Amin didampingi Ibu Hj. Wury Amin beranjak ke Gedung Nusantara dari Istana Wapres, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 6, Jakarta Pusat. Wapres tampak mengenakan pakaian adat Betawi, berupa setelan jas hitam dengan kain batik melilit pinggang. Sementara, Ibu Wury mengenakan setelan kebaya hijau motif kembang-kembang dipadu kerudung dan selendang kuning.

Setibanya di Gedung Nusantara, Wapres dan Ibu Wury disambut oleh Plt. Sekretaris Jenderal MPR Siti Fauziah di tangga pintu masuk utama. Kemudian di Lobby Utama, disambut oleh Presiden Terpilih, Wapres Terpilih beserta Ibu Selvi Ananda, dan Ketua MPR Ahmad Muzani beserta istri. Selanjutnya, Wapres dan Ibu Wury menuju Ruang Tunggu Utama untuk menunggu kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo.

Setelah Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba, Wapres dan para tokoh tersebut kemudian bersama-sama menuju Ruang Sidang Paripurna untuk mengikuti rangkaian acara Sidang Paripurna MPR RI dalam rangka Pelantikan Presiden dan Wapres RI Terpilih Periode 2024-2029 yang tepat dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Usai mengikuti seluruh prosesi pelantikan, Wapres dan Ibu Wury meninggalkan Gedung Nusantara menuju Istana Wapres. Di istana, Wapres Ma’ruf diagendakan akan langsung melakukan serah terima jabatan dengan Wapres Gibran pada pukul 13.00 WIB. Usai serah terima jabatan, Wapres Ma’ruf dan Ibu Wury akan meninggalkan Istana Wapres, dilepas oleh Wapres Gibran dan Ibu Selvi Ananda.

Sebagai Wapres petahana, K.H. Ma’ruf Amin telah menjalankan tugasnya selama periode pemerintahan 2019-2024. Kehadiran Wapres Ma’ruf dalam pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih hari ini menunjukkan dukungannya terhadap proses demokrasi yang berjalan dengan baik dan menjadi simbol transisi kepemimpinan yang lancar, sejalan dengan prinsip-prinsip konstitusi.

Acara pelantikan ini diharapkan menjadi momentum penting dalam sejarah demokrasi Indonesia, sekaligus mengokohkan komitmen bersama untuk mewujudkan bangsa yang lebih maju dan sejahtera.

Hadir pada acara pelantikan ini, di antaranya Presiden Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Wapres Ke-6 Try Soetrisno, Wapres Ke-11 Boediono, Wapres Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla (JK), para Pimpinan dan Anggota MPR/DPR/DPD, para Pimpinan Lembaga Negara, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Duta Besar Negara Sahabat, serta perwakilan keluarga Mantan Presiden dan Wapres.

Selain itu, hadir pula para Pemimpin Dunia menyaksikan langsung Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029, seperti Sultan Brunei Darussalam, Presiden Filipina, Perdana Menteri Kamboja, Perdana Menteri Malaysia, Perdana Menteri Singapura, Perdana Menteri Timor Leste, Perdana Menteri Korea Selatan, Perdana Menteri Papua Nugini, Perdana Menteri Vanuatu, Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Perdana Menteri Serbia, Wakil Presiden Laos, Wakil Presiden Vietnam, Wakil Presiden RRT, Wakil Perdana Menteri Thailand, Wakil Perdana Menteri Australia, Wakil Perdana Menteri Rusia, Wakil Perdana Menteri Qatar, Wakil Perdana Menteri Selandia Baru, Mantan Presiden Jerman, serta Menteri Toleransi dan Koeksistensi Uni Emirat Arab.

Kedatangan para pemimpin dunia tersebut menandai momentum penting bagi Indonesia di kancah internasional. Pelantikan ini juga diharapkan menjadi langkah awal bagi pemerintahan baru dalam memperkuat posisi Indonesia di panggung global dan membangun kerja sama strategis yang lebih kuat dengan mitra-mitra internasional. 

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar

?>