Pemerintah Provinsi Gorontalo Meniadakan Festival Tumbilatohe pada Bulan Ramadan 1442 H

Pemerintah Provinsi Gorontalo Meniadakan Festival Tumbilatohe pada Bulan Ramadan 1442 H Dok

SINARPAGINEWS, KOTA GORONTALO - Pemerintah Provinsi Gorontalo meniadakan festival Tumbilatohe pada bulan Ramadan 1442 Hijriah tahun ini. Meski demikian, menurut Ketua TPKK Gorontalo Idah Syahidah penyelenggaraan tradisi malam pasang lampu ini, akan tetap indah meski tidak dilombakan.

Hal ini dikatakan Idah mewakili Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, saat menyalakan lampu botol di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Sabtu (8/5/2021).

“Pemerintah tidak melaksanakan festival tumbilotohe. Jadi perayaan tahun ini ditunda dulu. Boleh pasang lampu di rumah masing-masing,” kata Idah

Lebih lanjut Idah menjelaskan larangan pemerintah untuk tidak dilaksanakannya festival tumbilotohe, untuk menghindari kerumunan. Tumbilotohe menjadi ajang wisata religi yang sudah menjadi ciri khas masyarakat Gorontalo. Sudah dipastikan, festival ini akan menjadi pusat perhatian masyarakat setiap momentum 27 Ramadan.

“Tumbilotohe ini sudah menjadi tradisi turun temurun dari nenek moyang kita. Tetapi sekarang kan lagi pendemi, kita harus menunda perayaan yang sudah menjadi ajang wisata religi ini. Boleh pasang lampu asal di rumah saja. Tradisi tetap jalan tanpa harus menyebabkan kerumunan,” imbuhnya.

Perayaan Tumbilatohe di rumah jabatan Gubernur Gorontalo diawali dengan du’a moheupa zakati, yaitu prosesi doa yang dipimpin oleh seorang imam dilanjutkan dengan penyaluran zakat fitrah oleh Idah Syahidah bersama keluarga. (spn/gorontalo)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar