BPBD Kota Sukabumi Ajarkan Keselamatan bagi Pengelola Wisata

BPBD Kota Sukabumi Ajarkan Keselamatan bagi Pengelola Wisata Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, SUKABUMI KOTA - Masih minimnya kemampuan pengelola sektor wisata dan minimnya ketersediaan sarana prasarana infrastruktur mitigasi bencana pada destinasi wisata Kota Sukabumi membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, dilibatkan dalam pelatihan keamanan dan keselamatan pada destinasi wisata yang diadakan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwasata.

Kasi Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana BPBD Kota Sukabumi, Dzulkarnaen Barhamy, menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini pihaknya memberikan materi mengenai pengenalan potensi bahaya di tempat usaha wisata dilanjutkan dengan teknik menggambarkan tingkat bahaya yang sering terjadi dan mungkin terjadi sesuai karakter destinasi wisatanya. Kemudian praktek dan cara penyelamatan korban, teknik evakuasi korban bencana serta insiden lainnya yang kerap terjadi.

Saat ini, berwisata merupakan kegiatan pilihan utama warga sehingga kepastian keamanannya dari segala jenis bahaya menjadi perhatian serius. Keselamatan jiwa harus diutamakan demi kenyamanan pengunjung wisata sesuai prinsip Sapta Pesona melalui pembekalan pengelola tempat wisata tentang keamanan dan keselamatan pada destinasi wisata. Kedepan, secara bertahap diharapkan pelaku usaha wisata mampu menerapkan standar keselamatan yang baik dengan Safe Guard Darurat yang kapabel dilengkapi jalur evakuasi, titik kumpul, rambu dan informasi bahaya serta sistem peringatan bahaya yang informatif.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar