Obyek Wisata Religi Keraton Kasepuhan Cirebon

Obyek Wisata Religi Keraton Kasepuhan Cirebon

SINARPAGINEWS.COM, CIREBON - Obyek Wisata Keraton Kasepuhan Cirebon yang berada di jalan Kasepuhan No. 43 Kesepuhan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu destinasi wisata yang di tawarkan lain dari pada yang lain.

Pengunjung dapat berwisata sembari menambah ilmu pengetahuan, julukan sebagai kota wali nyatanya membuat Cirebon memiliki beragam peninggalan islam penting yang patut di selusuri dan di ketahui disini banyak sekali peninggalan dan bangunan sejarah penting dengan arsitektur kelas dunia.

Keraton Kasepuhan merupakan satu di antara banyaknya keraton yang ada di Cirebon. Meski begitu bisa dibilang keraton Kasepuhan inilah yang paling besar dan yang paling luas. Sebagai keraton utama yang ada di kota wali ini, tentu ada banyak sekali peninggalan sejarah yang tertata rapi di dalamnya. Pengunjung tidak akan mudah bosan ketika berkeliling di area lokasi wisata tersebut.

Dikutip dari sumber sejarah, Keraton Kasepuhan Cirebon  ini mulai dibangun pada abad ke 15. Dahulu nama dari keraton ini adalah keraton Pakungwati, nama tersebut merupakan pengambilan nama dari istri Sunan Gunung Jati. Salah seorang wali songo yang terkenal menyebarkan agama islam di tanah air.

Berwisata ke tempat ini, pengunjung diperbolehkan untuk berkeliling di sekitar lokasi keraton. Ada beragam bangunan klasik yang masih terawat rapi yang bisa terlihat.

Keraton Kasepuhan  ini tidak hanya mengutamakan peninggalan islam saja. Akulturasi budaya dan agama juga terekam dalam setiap detail keraton. Hal itu bisa dilihat juga dari beberapa model bangunan maupun furniture yang ada. Ada beberapa bangunan yang menggunakan keramik asal Tiongkok. Terlebih lagi terlihat Kereta Kencana Singa Barong yang menjadi simbol akulturasi.

Sebagai destinasi unggulan yang ada di Cirebon, Keraton Kasepuhan jelas memiliki fasilitas lengkap. Beberapa fasilitas sangat membantu aktivitas pengunjung saat datang ke lokasi wisata.

Fasilitas umum berupa kamar mandi, tempat parkir serta mushola jelas ada di sekitar area  obyek wisata ini. 

Bagi  yang ingin berkunjung ke Keraton Kasepuhan maka tidak akan pernah merasa bosan. Ada beberapa bangunan detail arsitektur tinggi yang bisa pengunjung lihat.

Jika tertarik melihat dan mengenal lebih dekat sejarah bangunan tersebut bisa langsung datang serta melihatnya. Bangunan seperti Museum Benda Kuno, Taman Dewandaru,serta Siti Inggil sangat indah di pandang.

Untuk Info lebih lanjut bisa menghubungi :

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar