Situs Makam Pajang di Caringin Tilu Perlu Dibenahi Pemerintah Setempat

Situs Makam Pajang di Caringin Tilu Perlu Dibenahi Pemerintah Setempat Ahmad spn

SINARPAGINEWS.COM, KAB.BANDUNG - Keberadaan Situs makam pajang di Caringin Tilu perlu dibenahi pemerintah setempat, pasalnya keberadaan situs tersebut sudah tidak diperhatikan lagi, selain bangunan yang tidak terawat tanah yang ditempatinya juga berstatus tidak jelas alias sudah di miliki oleh pribadi atau perorangan. Hal ini diduga kuat ada kemungkinan ada oknum aparat yang sudah menjual belikan tanah makam tersebut sejak dulu. (red).

Penduduk setempat, tokoh masyarakat dan pemuda karang taruna yang peduli akan warisan cagar budaya leluhur minta Situs makam pajang ini di benahi oleh pemeritah yang terkait, dimana status tanah atau tempatnya sudah dikuasai  oleh perorangan.

Caringing Tilu  "Cartil" sebuah kawasan wisata yang berada di Kampung Cisayur, Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan kabupaten Bandung  Jawa Barat banyak sekali menyimpan situs cagar budaya yang terlupakan.

Masyarakat Bandung dan sekitarnya mungkin lebih familiar mendengar sala satu tempat Caringin Tilu, yang sering disingkat “Cartil” identik tempat nongkrong warga Bandung sambil menikmati kuliner makanan dengan suasana udaranya yang sejuk,segar serta pemandangan Kota Bandung yang nampak gemerlap di kala malam.

Penyelusuran SINARPAGINEWS.COM, (Rabu,14/9/2021) mendapatkan informasi dari penduduk setempat,karang taruna dan tokoh masyarakat, bahwa salah satu situs di daerah Cimenyan Kabupaten Bandung yang terkenal dengan nama Caringin Tilu (Tiga)  ada makam pajang (ukuranya panjang) yaitu makam keramat Raden Mas Suta Gumambang Wayang dengan istrinya Nyi Rempong Alis, yang hidup apada jaman abad ke 17 atau lahir 1608 masehi dan meniggal sejak usia sekitar 73 tahun.

Embah Sutra Kembang Wayang adalah sebenarnya nama julukan dan nama sebenarnya adalah Rai Buyung atau Ki Semah Warung.

Sumber lain menyebutkan bahwa Mas Suta Gumambang Wayang waktu itu berada di kerajaan Kebayu (Padepokan) adalah sebuah kerajaan dibawah kerajaan Arcamanik yang letaknya di kawasan caringin Tilu sekarang.

Rai Buyung atau Kisemah Warung atau Embah Sutra Kembang Wayang, hasil perkawinanya Rai Buyung atau Kisemah Warung atau Embah Sutra Kembang Wayang dengan istrinya Nyi Rempong Alis, dikaruniai  keturun sepasang yaitu yang laki-laki namanya Jalaka Sunarya dan yang perempuan Nyi Masulih keduanya menjadi seniman pada jamanya.(*)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar