Roro Kusnabilla Erfa Dikukuhkan Jadi Bunda Ummul Athfal

Roro Kusnabilla Erfa Dikukuhkan Jadi Bunda Ummul Athfal Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL- dr. Roro Kusnabilla Erfa ditetapkan menjadi Bunda Ummul Athfal oleh Kementerian Agama Kota Tegal. Pengukuhan ini langsung dilaksanakan oleh Kepala Kementerian Agama Kota Tegal, Akhmad Farkhan di RA-KB PAUD Sekolah Alam Sakila Kerti Komplek Pantai Alam Indah Kota Tegal dalam acara Talk Show “Teh Tubruk”, Senin (11/10).

Pengukuhan istri Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono tersebut disaksikan oleh Pegiat Literasi Maman Suherman, Pendiri dan Pengelola TBM Sakila Kerti Dr. Yusqon, salah satu Duta Baca Kota Tegal Atmo Tan Sidik, dan anggota Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kota Tegal dan Ketua IGRA Kota Semarang, Aminudin.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Ahmad Farkhan mengatakan terkait pengukuhan dr. Roro Kusnabilla Erfa yang juga Bunda Baca Kota Tegal, penghargaan yang diberikan merupakan apresiasi dari Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Kota Tegal.

“Dari IGRA itu implementasi, jadi dari anugrah yang ibu Roro terima kemudian dinyatakan bahwa tadi mendapatkan penghargaan baru awal, ini awal dari awal. Barangkali ibu Wali Kota kita anugrahi pula bunda Ummul Athfal jadi beliau memang sudah berkali-kali mengetes murid-murid kita, tajwidnya beliau mampu dan saya kagum. Tidak semua ibu Wali Kota atau Bupati bisa tajwid makanya saya apresiasi ini jadi Ummul Athfal saja,” ucap Ahmad Farhan.

Sementara Maman Suherman mengatakanterkait literasi ada dua hal penting. Yakni literasi tidak boleh berhenti dan gerakan literasi harus lebih massif lagi.

“Yang pertama, ini upaya saya mengapresiasi gerakan literasi yang ada di Kota Tegal yang di inisiasi oleh pak Yusqon, Ahmad farhan dan Atmo Tan Sidik, yang menurut saya membuat kita semakin sadar bahwa kegiatan keliterasian tidak boleh berhenti. Karena ajaran agama ini juga mengatakan ini proses pembelajaran seumur hidup,” ucap Kang Maman panggilan akrab Maman Suherman yang merupakan pegiat literasi nasional.

“Yang kedua sekaligus datang untuk mengapresiasi capaian yang diraih oleh ibu wali Kota yang dalam penjurian saya juga ikut terlibat dalam tim juri dan terpilih sebagai salah satu tokoh yang mendapatkan anugrah nugra jasa darma pustaloka dari perpustakaan nasional. Mudah mudahan gelar ini tidak menjadi akhir tetapi justru awal dari gerakan keliterasian yang lebih massif lagi di Kota Tegal,” jelas Kang Maman.

Usai di kukuhkan menjadi Bunda Ummul Athfal, dr. Roro Kusnabilla Erfa menyampaikan bahwa yang diterima dirinya bertepatan dengan bulan berkah, yaitu bulan bahasa dan bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW.
“Penganugrahan kepad saya sebagai Ummul Athfal yang dilaksanakan pada hari ini, Senin, 11 Oktober tahun 2021 dibulan berkah, karena bertepatan di bulan Bahasa di mana perjuangan mempersatukan NKRI dengan Sumpah Pemudanya dan Lahirnya, Muhamad, di angkat menjadi Rosul menjadi pemimpin ummat karena Al Amin - ketauladanan dan wahyu yang di terimanya dengan kata legendarisnya BACA, BACA, BACA atas nama Tuhanmu. Bertempat disekolah laut alam sakila kerti dengan penuh keberkahan,” ucap Roro Kusnabilla Erfa.

“Insya Allah setelah di beri Amanah oleh Kemenag atas usulan Ikatan Guru Raudhotull Athfal (IGRA) ini sebagai Ummul Athfal dalam menjalankan program kerjanya dengan strategi “Yuh Wisata Literasi”. Berpijak dengan kata Sinergitas dan Totalitas ketercapain untuk mendapatkan Mutu selaras dengan yang disampaikan oleh Ummul Athfal Nasional Eny Yaqut, RA (Raudatul Athfal), Rumah Awal beragama Moderasi pada anak-anak, Mari kita tanamkan cinta sesama kepada anak-anak kita seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW,” pungkas Roro Kusnabilla Erfa.

Usai pengukuhan, dilaksanakan Talk Show Teh Tubruk dengan narasumber Maman Suherman yang berbicara mengenai Menyapa dengan Karya, Bunda Baca Kota Tegal dr. Roro Kusnabilla Erfa yang bicara tentang “Menyapa dengan Wisata Kata”, Kepala Kemenag Kota Tegal Akhmad Farkhan dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Ismail Fahmi, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan PAUD dan PNFI Disdikbud Kota Tegal Dewi Umaro, dengan mengangkat tema “Mengimplementasikan Moderasi”.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar