Kembangkan Konsep Wisata, Camat Cikakak Kab. Sukabumi : Ada 3 Destinasi Wisata Yang Menjadi Ikon

Kembangkan Konsep Wisata, Camat Cikakak Kab. Sukabumi : Ada 3 Destinasi Wisata Yang Menjadi Ikon Anom Nurzain foto : Muspika Kec.Cikakak Kab. Sukabumi disalah satu Kampung Adat

SINARPAGINEWS.COM, KAB. SUKABUMI,- Kecamatan Cikakak merupakan salah satu dari 47 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Kecamatan yang membawahi 9 Desa ini terletak di selatan Kabupaten Sukabumi.

Diwilayah Kecamatan Cikakak terdapat potensi alam yang luar biasa, meliputi Gunung, Rimba, Laut, Pantai dan Sungai, atau lebih dikenal dengan jargon Gurilaps.  yang  diusung Kabupaten Sukabumi dalam mempromosikansi wisata.

“Ada 3 konsep wisata yang terus kami kembangkan. Wisata budaya, wisata Agro dan wisata Pantai Laut. Wista Budaya kami memiliki beberapa situs bersejarah dan kampung adat, Wisata agro sudah sangat terkenal dengan hasil agrobinis seperti Durian dan lainnya dan wisata laut pantai sangat terkenal dikawasn Cimaja,” ungkap Dadang Ramdani, SIp, MM., saat dihubungi dikantornya, Rabu (24/11/2021).

Menurut Dadang, ada beberapa situs peninggalan sejarah budaya masa lalu yang harus dijaga dan dikembangkan. Bahkan kami promosikan agar dikenal luas oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. Situs-situs ini telah diteliti oleh para ahli dan diakui Kemendikbud Ristek. “Ada banyak situs, diantaranya Situs Cengkuk, Situs Salak Datar, Situs Ciarca dan Situs Pangguyangan. Kami terus mengembangkan infrastuktur penunjangnya agar mudah dikunjungi para wisatawan,” tutur Dadang.

Selain situs budaya, tambah Dadang, masih banyak obyek wisata lain yang menarik di wilayahnya. Bidang agrobisnis, menurutnya, sangat mendukung untuk pengembangan wisata agro. Salah satunya hasil agrobisnis yang paling terkenal adalah buah Durian. “Cikakak ini merupakan sentra buah Durian yang cukup terkanal dari berbagai varian, dari yang termahal hingga termurah. Bahkan sedang dikembangkan konsep metik buah Durian sendiri oleh pelanggan yang bekerjasama dengan pengelola bukit Sagara. Tidak hanya buah Durian, hasil agrobisnis lainnyapun akan terus dikembngkan” tambahnya.

Sedangkan pantai laut di daerah Cimaja sudah sejak lama dikenal para pecinta olahraga kelautan, seperti selancar atau Surfing dan sejensnya. Baik sekedar olahraga, rekreasi atau mengembangkan prestasi. “Kita mengenal beberapa atlet Surfing didaerah ini yang telah berperestasi dikancah Nasional bahkan Internasional. Diantaranya Dede Suryana yang telah mengharumkan nama Sukabumi di Cabor Surfing. Terakhir di eksibisi PON XX Papua meraih medali perunggu,” ungkap Dadang.

Tiga konsep wisata yang terus dikembangkan, menurut Camat Cikakak, akan saling melengkapi. ”Diharapkan menjadi ikon Kecamatan kami, dan memperkuat kepariwisataan yang terus dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi,” pungkas Dadang.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar