SDN Cisarua Kota Sukabumi Tingkatkan Kualitas Tenaga Pendidik Dalam Melayani PDBK

SDN Cisarua Kota Sukabumi Tingkatkan Kualitas Tenaga Pendidik Dalam Melayani PDBK Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, SUKABUMI KOTA - SD Negeri Cisarua Kota Sukabumi menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pembuatan Profil Belajar Siswa, Identifikasi dan Asessmen Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) serta Pembelajaran dan Penjaringan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), pada hari Selasa, 21 September 2021. Bimtek tersebut dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Cecep Mansur.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, dalam sambutannya ketika membuka jalannya bimtek mengatakan bahwa melalui asesmen akademik merupakan sesuatu yang dibutuhkan agar sekolah bisa mengetahui kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK).

Bagi PDBK pada jenjang preschool, kemampuan akademik yang perlu digali adalah terkait dengan kemampuan membaca, menulis dan berhitung. Sedangkan bagi PDBK pada jenjang pendidikan dasar dan selanjutnya, kemampuan akademik yang perlu digali adalah yang berkaitan dengan semua pelajaran yang diajarkan pada sekolah.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Negeri Cisarua, Tini Suhartini, menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan asesmen adalah memperoleh informasi tentang kondisi anak, baik yang berkaitan dengan kemapuan akademik, non akademik dan kekhususan secara lengkap, akurat dan obyektif. Sedangkan fungsi asesmen untuk membantu guru dan terapis dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan program layanan kebutuhan khusus yang tepat.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar