Optimalisasi UKS Di Masa Pandemi, Bendung Klaster Sekolah

Optimalisasi UKS Di Masa Pandemi, Bendung Klaster Sekolah Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Optimalisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di masa pandemi Covid-19 harus ditingkatkan seiring pemberlakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Peran UKS sangat diperlukan dan harus ditingkatkan guna memastikan kondisi kesehatan siswa, untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya klaster sekolah.

Demikian Disampaikan Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH saat membuka Rapat Kordinasi (Rakor) Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS) di Aula Islamic Center jalan Yos Sudarso, Brebes, Selasa (2/11).

Narjo mengatakan, UKS merupakan salah satu rantai penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan di lingkung sekolah, bukan salah satu pelengkap saja di sekolah. Untuk itu, UKS harus dioptimalkan fungsinya di sekolah. Sehingga membawa manfaat yang baik bagi peserta didik dan warga sekolah lainnya dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

UKS, juga menjadi wadah pembinaan, pengembangan, pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat bagi peserta didik secara menyeluruh dan terpadu. Melalui UKS, diharapkan mampu menanamkan sikap dan perilaku hidup sehat pada dirinya sendiri dan mampu menolong orang lain. UKS memberikan pembelajaran kesehatan dari siswa, oleh siswa, dan untuk siswa, guna menciptakan siswa yang berkualitas.

Kepala Bagian Kesra Setda Brebes Ahmad Sekhu menjelaskan, Rakor TP UKS diikuti 100 peserta yang berasal dari perwakilan Camat, Korcam Satpendik, Kepala Puskesmas, Kepala SMP/MTs dan Ketua TP PKK Kabupaten Brebes.

Peserta mendapatkan materi tentang UKS dan dunia pendidikan, dengan narasumber antara lain Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementrian Agama Kabupaten Brebes Imam Gozali, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Beni Krismanto dan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Nurul Aeni.(hid/yas).

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar