FEB UPS Tegal dan HSBC Educenter Program adakan FLASH

FEB UPS Tegal dan  HSBC  Educenter Program adakan FLASH Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL- Bulan November 2021 ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal bekerjasama dengan Putera Sampoerna Foundation, HSBC dan Sampoerna University mengadakan HSBC Educenter Program 2021 dengan nama kegiatan FLASH (Futures Literacy Awareness For Student in Higher Education).

Selasa (2/11) Pembukaan kegiatan ini bertajuk Guest Lecturer Webinar (Kuliah Tamu dari HSBC professional & business owner/academician). Acara yang dimulai pukul 08.00 ini diikuti oleh 500 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal. Adapun pembicara utama acara ini yakni Riani Taluki (Country Head of Retail Business Banking HSBC), dr. Silvia Zaki, MM (Pemilik RSUI Harapan Anda Kota Tegal) dan Dr. Dien Noviany Rahmatika, S.E, M.M, Ak, CA (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPS Tegal).

Ibu Riani menyampaikan perlunya memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Rata-rata usaha mikro dan kecil di Indonesia sulit bertumbuh menjadi usaha menengah karena alasan tersebut. Ibu dr. Silvia menyampaikan pengalaman RSUI Harapan Anda bertahan di masa pandemi yang serba tak tentu. Terakhir sebagai penutup Ibu Dr. Dien menyampaikan perlunya lulusan FEB UPS Tegal untuk membekali diri ketrampilan teknologi terkini (hard skill) dan soft skill dengan mempunyai personality/kepribadian yang baik, suka berkolaborasi dan tantangan.

“Di era VUCA (Volatile, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity), era yang penuh dengan perubahan secara cepat, tidak menentu, mempunyai komplesitas yang tinggi serta tidak jelas, maka kita perlu menghadapinya dengan VUCA yang kedua, yakni (Vision, Understanding, Clarity dan Awareness). Kita harus mempunyai visi masa depan yang jelas, memahami perubahan situasi ini, memahami kelebihan dan kekurangan diri serta kesadaran. Kesadaran bahwa kita harus terus bertumbuh dan menambah kapasitas diri”, jelas Dr. Dien.

Event besar hasil kolaborasi ini terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu online guest lecture webinar, online workshop, dan uji sertifikasi kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan LSP Retail Indonesia.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan membangun kapasitas untuk menyiapkan lulusan perguruan tinggi yang professional, serta meningkatkan kemampuan literasi keuangan (Financial Capability and Literacy) di kalangan civitas akademika khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal.

Kamis (4/11), Rangkaian kegiatan HSBC Educenter Program 2021 terlaksana kembali dengan materi Workshop Communication Skill dengan pembicara Prof. Dr. Mohamad Rizan, S.E, M.M. (Guru Besar Universitas Negeri Jakarta). Bapak Wahyoe Soedarmono selaku HSBC – PSF Educenter Program Manajer membuka workshop ini. Bussiness Model Canvas (BMC) dibahas mendalam dalam sesi ini. Model bisnis yang digunakan oleh Start Up besar seperti Uber dan Gojek. Siang harinya sesi presentasi dari para peserta yang sebelumnya ditugaskan membuat BMC ini.

Jumat (5/11), Berikutnya Workshop Financial Capability Skill dengan pembicara Yanti Puji Astutie, S.E, M.Si (Dosen FEB UPS Tegal) membahas pengelolaan keuangan personal secara detail mulai dari manfaat investasi reksa dana sampai rencana perhitungan beberapa tahun ke depan.
Senin dan Selasa (8-9/11), Workshop Talent Pool Development dilaksanakan. Workshop ini mengajarkan kepada mahasiswa untuk membuat surat lamaran dan Curriculum Vitae yang baik serta ada pula tools yang digunakan untuk mengetahui bakat/potensi diri mahasiswa. Berikutnya 10-13 November Self Assesment bagi mahasiswa dan Job Simulation (simulasi pendaftaran lowongan pekerjaan).

Sebagai penutup rangkaian kegiatan FLASH ini Senin-Jumat (15-26/11) agendanya adalah persiapan dan tes sertifikasi profesi. Adapun bidang yang diujikan antara lain Digital Marketing, Menjual Produk dan Layanan kepada Pelanggan, serta Pelayanan Pelanggan (Customer Service Officer).

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar