FKIP UPS Tegal Gelar Pelatihan Life Skill Education

FKIP UPS Tegal Gelar Pelatihan Life Skill Education Dok

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menyelenggarakan Pelatihan life skill education (Kerjasama antara LKP SEKAR dan FKIP UPS Tegal) dengan Tema “membangun entrepreneur mandiri professional bidang tata rias yang berkelanjutan berbasis lokal”

Kegiatan ini di laksanakan secara offline yang di laksanakan di Gedung FKIP UPS Tegal, sabtu (27/11) yang di hadiri oleh 50 peserta.

Dalam kegiatan ini di isi oleh 2 pemateri sekaligus Yang Pertama Dekan FKIP Universitas Pancasakti Tegal Dr.H.Suriswo. M.Pd yang kedua Ibu Dr. Dewi Apriani MM.

Dalam paparanya, Dr Dewi Apriani. MM. Menyampaikan Kerjasama antara LKP Sekar kota Tegal dan Dinas pendidikan kota Tegal di FKIP UPS Tegal merupakan perwujudan dan implementasi Tridharma Perguruan Tinggi baik Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian masyarakat.

Hadirnya LKP Sekar dan dinas Pendidikan Kota Tegal merupakan sinergitas antar pendidikan formal dan nonformal sehingga mahasiswa dan masyarakat pada umumnya terbuka wawasannya pendidikan sebagai fihak yg memproses sumber daya manusia tentunya membutuhkan dukungan semua dihak.

Lebih utama bagi mahasiswa FKIP UPS Tegal yang menjelang semester akhir sebagai bekal bahwa selain menguasai dan memahami konsep ilmu dan praktek di kampus dan dimasyarakat. Materi yang disajikan dalam pelatihan Life Skill education.

Dalam pelatihan Ibu Dr Dewi Apriani menyajikan konsep Teori dan praktek tentang Life Skill, Kewirausahan, mandiri dan Berkelanjutan.

Upaya FKIP UPS Tegal mempersiapkan lulusannya untuk menjadi tenaga profesional-profesional yg dibutuhkan dimasyarakat sesuai dengan era terkini semisal Tata Rias pengantin, potong rambut, hantaran, konektor masker, masker, usaha laundry, dan jenis usaha-usaha lainnya,tidak muluk-muluk agar diharapkan lulusan FKIP marketable di masyarakat dan menekan angka pengangguran, minimal dengan Life skill mahasiswa dan masyarakat terbuka wawasannya Hidup ini perlu survive yang mandiri dan berkelanjutan.

Dekan FKIP juga menyampaikan “Pelatihan pendidikan berorientasi kecakapan hidup (life skill) bidang kewirausahaan yang dilaksanakan oleh FKIP bekerjasama dengan LKP Sekar Kota Tegal berlangsung dengan baik.

Dikatakan, Kecakapan hidup (life skill) sangat diperlukan dalam memecahkan masalah kehidupan. Kecakapan hidup yang meliputi kecakapan generik (GLS) dan kecakapan hidup spesifik(SLS). Kewirausahan termasuk SLS. Dengan pelatihan kewirausahaan, diharapkan peserta pelatihan mampu meningkatkan kecakapan berwirausahaan baik dari kecakapan generiknya maupun spesifiknya. Membekali calon pengusaha (enterpreneur) yang mampu ,sanggup dan berani memecahkan masalah dengan efektif.(hid/fit).

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar