Lawan Hoaks dan Menjaga Keamanan Data Pribadi. Yasti Selenggarakan Sosialisasi Literasi Digital

Lawan Hoaks dan Menjaga Keamanan Data Pribadi. Yasti Selenggarakan Sosialisasi Literasi Digital Iyan Sopyan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sukabumi Mohammad Solihin bersama Dewan Pembina Yayasan Tarbiyah Islamiyah (Yasti) Cisaat Asep Ikhwan Awaludin, S.E berphoto bersama di GOR Yasti Cisaat Kab. Sukabumi Jawa Barat, Selasa 30/11/2021, disela kegiatan Sosialisasi Literasi Digital berlangsung

SINARPAGINEWS.COM, KAB. SUKABUMI,- Upaya untuk melawan hoaks dan menjaga data pribadi, Yayasan Tarbiyah Islamiyah (Yasti) Cisaat, bekerjasama dengan relawan Tehnologi Informasi Komunikasi (TIK) Kab. Sukabumi, selenggarakan sosialisai leterasi digital, di GOR Yasti Cisaat Kab. Sukabumi Jawa Barat, Selasa 30/11/2021.

Kegiatan yang diikuti oleh 125 peserta didik secara langsung dilokasi, juga diikuti oleh 675 Siswa-siswi secara Zoom.

Diselenggarakannya kegiatan itu, bertujuan agar anak-anak usia sekolah memahami leterasi digital untuk melawan hoaks, dan menjaga keamanan data pribadinya.

Berlangsungnya sosialisasi tersebut, secara antusias diapresiasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sukabumi Mohammad Solihin.

Disela kegiatan berlangsung M Solihin mengatakan, yang paling utama dari kegiatan ini, bagaimana melawan hoaks yang marak dewasa ini dan pengamanan data pribadi, agar tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Dinas Pendidikan pada acara ini hanya sebagai motivator/penyemangat terhadap  peserta didik, kebetulan yang menjadi peserta saat ini merupakan para siswa-siswi Yasti, sehingga panitia mengundang Dinas Pendidikan Kab. Sukabumi,” Kata Solihin.

Masih Kata Solihin, Panitia penyelengara kegiatan ini yakni relawan TIK Kabupaten Sukabumi, Alhamdulillah para narasumbernya pun, saya lihat sangat kompeten diantaranya, ada Plt Direktur ICT Watch, Ibu Widuri selanjutnya ada Sekretaris Relawan TIK Kab. Sukabumi Fiqri Hasan dan moderatornya pun, Panitia menghadirkan Dewan Pembina Relawan TIK Jabar Geri Sugiran AS, S.TP, tutur Solihin.  

Ditempat yang sama Ketua Dewan Pembina Yayasan Tarbiyah Islamiyah (Yasti) Cisaat Asep Ikhwan Awaludin, S.E menjelaskan. Kegiatan ini merupakan yang keempat, setelah sebelumnya 3 kali melaksanakan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Sukabumi.

“Kali ini, Perguruan Yasti ditunjuk oleh ICT Watch dan Relawan TIK untuk menjadi mitra mengadakan sosialisai melawan hoaks dan menjaga keamanan data pribadi.

Karena, Kata Asep lagi,  melawan hoaks dan menjaga data pribadi, ini adalah  isu yang luar biasa sangat penting, maka kegiatan sosialisasi ini akan berdampak positif bagi anak-anak, terlebih, mereka dapat menjaga data-data pribadinya agar tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” jelas Asep kepada Wartawan.

Selain itu Asep juga menegaskan. Masalah perlindungan data pribadi ini menjadi sesuatu yang luar biasa, karena dengan maraknya sosial media, siswa dan anak-anak kita juga sudah mengakses handphone setiap saat, oleh sebabnya, kita harus melindungi anak-anak kita, dari pengaruh informasi-informasi hoaks.

“Saya kira kegiatan ini, kegiatan yang luar biasa, tandas Asep seraya mengucapkan terima kasih kepada pihak ICT Watch, relawan TIK dan Dinas Pendidikan Kab. Sukabumi yang telah mensupport kegiatan ini, sehingga bisa terselenggara,” tutup Asep.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar