School Of Life Preschool Kindergarten

TK Al Kahfi Bandung Tanamkan Pendidikan Karakter Lewat Camping Pra Siaga

TK Al Kahfi Bandung Tanamkan Pendidikan Karakter Lewat Camping Pra Siaga Asep Ruslan Siswa TK Al Kahfi Bandung semangat mengikuti kegiatan Camping Pra Siaga di Taman Komplek Bandung Indah Raya Jl. Cipamokolan Kota Bandung (Foto/Asep Ruslan)

Pra Siaga bukan Pramuka tapi mengenalkan nilai dasar yang ada di Kepramukaan. Dimana anak-anak diajarkan nilai-nilai karakter dan keagamaan yang ada di kepramukaan seperti mandiri, jujur, keberanian dan bagaimana anak belajar dalam mengambil sebuah keputusan atau problem solving.

SINARPAGINEWS.COM, KOTA BANDUNG - Dalam upaya membangun karakter anak usia dini yang berbudi pekerti luhur dan memiliki nilai-nilai kebangsaan, TK Al Kahfi Bandung menggelar Camping Pola 5 Jam Pra Siaga yang berlangsung mulai pukul 07.00 wib sampai dengan 12.00 wib bertempat di Taman Komplek Bandung Indah Raya (BIR) Jl. Cipamokolan Kota Bandung, Rabu (22/12/2021).

Siswa TK Al Kahfi Bandung semangat mengikuti kegiatan Camping Pra Siaga di Taman Komplek Bandung Indah Raya Kota Bandung (Foto/Asep Ruslan)

Di sela-sela kegiatan tersebut, Mukisoh, SE., selaku Kepala Sekolah PG TK Al Kahfi School Of Life Preschool Kindergarten kepada Sinarpaginews mengatakan, peserta Camping tersebut hanya diikuti siswa dari TK Al Kahfi yang ada di Bandung Indah Raya saja.

“Kegiatan Camping Pola 5 Jam Pra Siaga ini, merupakan kegiatan penutup pembelajaran di semester pertama tahun ajaran 2021/2022. Pesertanya hanya diikuti siswa dari TK Al Kahfi yang ada di Bandung Indah Raya saja sebanyak 45 orang,” kata Mukisoh.

Mukisoh, SE Kepala Sekolah PG TK Al Kahfi School Of Life Preschool Kindergarten dalam kegiatan Camping Pra Siaga (Foto/Asep Ruslan)

Pra Siaga, menurut Mukisoh bukan Pramuka tapi mengenalkan nilai dasar yang ada di Kepramukaan. Dimana anak-anak diajarkan nilai-nilai karakter dan keagamaan yang ada di kepramukaan seperti mandiri, jujur, keberanian dan bagaimana anak belajar dalam mengambil sebuah keputusan atau problem solving.

“Problem solving merupakan salah satu tujuan pendidikan di abad 21, dimana salah satu karakter yang paling mendasar pada pendidikan di abad 21 adalah kejujuran seperti empat sifat wajib yang ada pada Rasulullah SAW,” ujarnya.

Siswa TK Al Kahfi Bandung semangat mengikuti kegiatan Camping Pra Siaga (Foto/Asep Ruslan)

Empat sifat wajib yang ada pada Rasulullah SAW menurut Mukisoh yaitu Siddiq, Amanah, Tabligh dan Fatanah.

“Sifat pertama yang wajib dimiliki Rasul ialah Siddiq yang berarti selalu benar atau jujur. Sifat ini berarti seorang Rasul sudah pasti jujur dan tak pernah berbohong kepada Allah SWT dan juga kepada orang lain,” ungkapnya.

“Sifat kedua ialah Amanah yang berarti dapat dipercaya. Sifat ini memiliki arti bahwa Rasul sudah pasti dapat dipercaya,” tuturnya.

Siswa TK Al Kahfi Bandung semangat mengikuti kegiatan Camping Pra Siaga (Foto/Asep Ruslan)

“Selanjutnya sifat yang ketiga Tabligh yang berarti menyampaikan wahyu. Sebagai utusan Allah SWT, sudah pasti setiap Rasul akan menyampaikan wahyu dan tak ada satupun wahyu yang disembunyikan,” ujarnya.

Sifat terakhir adalah Fatanah, berarti Rasul memiliki kecerdasan yang tinggi agar mampu memerangi kaum yang masih belum berada dijalan Allah SWT dan mengajak mereka untuk berada dijalan yang di ridhoi Allah SWT.

“Dalam menyampaikan wahyu Allah SWT kepada umat manusia, Rasulullah SAW dibekali dengan sifat Fatanah atau kecerdasan yang tinggi diantaranya kemampuan, diplomasi, dan strategi khusus agar wahyu yang tersimpan di dalam hukum-hukum Allah dapat disampaikan dan diterima dengan baik oleh umat manusia,” tutur Kepala sekolah PG TK Al Kahfi.

Siswa TK Al Kahfi Bandung semangat mengikuti kegiatan Camping Pra Siaga (Foto/Asep Ruslan)

Menurutnya, keempat sifat wajib yang ada pada diri Rasulullah SAW tersebut harus diajarkan pada anak-anak untuk diyakini dan dicontoh agar kelak anak dapat merasakan kebaikan dalam kehidupannya.

“Harapannya anak-anak yang tadinya sudah mandiri bisa lebih mandiri dan lebih jujur. Yang mana hal-hal karakter yang diajarkan hari ini merupakan barang yang langka, barang yang susah ditemukan di jaman sekarang ini. Sebab tak ada yang lebih berharga dari hidup, adalah hidup yang selalu mendapatkan ridho Allah SWT,” pungkasnya.

Siswa TK Al Kahfi Bandung melaksanakan shalat dhuhur berjamaah dalam rangkaian kegiatan Camping Pra Siaga (Foto/Asep Ruslan)

Kegiatan Camping Pola 5 Jam Pra Siaga TK Al Kahfi ini berjalan dengan lancar, digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Pada kegiatan tersebut, seluruh siswa didampingi oleh para pembina yang selalu mengawasi dan memberikan arahan dengan baik.

Editor: Asep Ruslan

Bagikan melalui:

Komentar