KOMED Mengukuhkan NTB, Makassar dan Sumatra Barat Sebagai Wilayah Baru Aksi KOMED di Tahun 2022

KOMED Mengukuhkan NTB, Makassar dan Sumatra Barat Sebagai Wilayah Baru Aksi KOMED di Tahun 2022 Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, BOGOR - April 2022, Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) telah mengukuhkan wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), Makassar dan Sumatra Barat sebagai wilayah baru yang akan menerima manfaat program KOMED. KOMED merupakan salah satu program dari Sekolah Literasi Indonesia – Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa yang berpusat di Bogor. Tahun 2021, terdapat 11 wilayah KOMED yang eksis dikelola oleh para pengurus (relawan) yang membaktikan diri mengelola komunitas dalam penyelenggaraan pengembangan kompetensi guru baik melalui pelatihan, workshop, webinar dan berbagai metode ajar lainnya.

Sebagai komunitas yang konsisten dalam pengembangan kompetensi guru melalui wadah komunitas dan konten media pembelajaran. KOMED berusaha terus menerus meluaskan manfaat ke berbagai pelosok Nusantara. Oleh karena itu, KOMED melakukan serangkaian proses inisiasi KOMED Wilayah yang dimulai sejak Februari 2022. Ratusan guru dari puluhan wilayah Indonesia mendaftarkan diri mengikuti serangkaian seleksi agar bisa menerima manfaat KOMED di wilayah mereka berasal. Setelah melalui serangkaian seleksi, yakni seleksi administrasi, seleksi Focus group Disscussion dan Wawancara . Terdapat 3 wilayah yang berhasil lolos untuk mengikuti seleksi Fun KOMED Activities (FKA).

Fun Komed Activities merupakan kelas virtual yang dipersembahkan untuk guru-guru wilayah semua jenjang pendidikan. Kelas yang diselenggarakan oleh Komunitas Media Pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan guru-guru yang kreatif dalam membuat kreasi media pembelajaran berbagai bentuk. FKA tersebut dilaksanakan oleh para panitia (calon pengurus) masing-masing wilayah yang lolos seleksi, yakni NTB, Makassar dan Sumatra Barat.

Pada FKA tersebut terdapat beberapa materi pelatihan yang diberikan kepada guru-guru, seperti: Magic Sains, Media Pembelajaran Digital, Media Pembelajaran Sederhana, Fun Reading Activities, Gun Liteacy Activities, dsb. Materi tersebut disampaikan oleh para trainer-trainer KOMED yang sudah dilatih oleh KOMED dan Sekolah Literasi Indonesia.

Wilayah NTB telah melakukan serangkaian FKA pada 16-30 Maret 2022 yang dilakukan dengan moda jaringan. FKA tersebut dihadiri oleh kurang lebih 100 orang guru yang mengikuti serangkaian pelatihan. Seusai FKA NTB, KOMED mengukuhkan wilayah NTB sebagai wilayah baru yang akan menjalankan program KOMED satu tahun ke depan. Pengukuhan KOMED NTB dilakukan pada 9 Maret 2022 Pukul 14.00 WITA yang dikukuhkan oleh Arie Wijayanti dan Syarifudin selaku Divisi Pengembangan dan Pembinaan SDM KOMED. Terdapat empat belas pengurus KOMED NTB yang akan menyukseskan program-program KOMED di wilayah tersebut.

Wilayah Sumatra Barat melakukan serangkaian FKA pada 25-31 Maret 2022 di kota atau kabupaten yang ada di wilayah Sumatra Barat secara online. FKA Sumatra Barat dihadiri kurang lebih 70 peserta yang mengikuti pelatihan sepanjang FKA ini. Setelah berbagai diskusi dan kesepakatan, KOMED Sumatra Barat memutuskan untuk komitmen mendirikan KOMED Sumatra Barat.

Pengukuhan KOMED Suamtra Barat dilakukan pada 13 Maret 2022 Pukul 13.00-14.30 yang dihadiri oleh Dinas Pendidikan Kota Solok dan Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Panjang. Risnofiardi (Dinas Pendidikan Kota Solok) sangat antusias menyambut adanya KOMED di Sumatra Barat, beliau mengharapkan agar KOMED bisa dikembangkan ke kota-kota atau kabupaten-kabupaten yang ada di seluruh Sumatra Barat.

Wilayah Makassar melakukan serangkaian FKA pada 21-31 Maret 2022 secara online. FKA tersebut berfokus untuk mengembangkan keahlian guru dalam mengembangkan video-video pembelajaran. FKA tersebut disambut antusias oleh PGRI Kota Makassar, mereka siap memberikan dukungannya guna pengembangan kompetensi guru-guru di wilayah tersebut. Setelah proses FKA selesai, Makassar mengukuhkan diri pada 11 April 2022.

Tiga wilayah baru tersebut menggenapi wilayah KOMED lainnya yang saat ini sudah tersebar di Jawa Timur, DIY, Jawa Tengah, Bandung, Bogor, Depok, Bekasi, Banten, Jakarta, Sumatra Selatan dan Riau. “Kami sangat berharap, komunitas ini menjadi wadah para guru dalam mengembangkan kompetensi dirinya sebagai guru dan dapat mengembangkan kompetensi dirinya sebagai pribadi. Sehingga menciptakan ruang kolaborasi sesama pendidik, menjadi guru yang memiliki banyak karya dan menjadi guru yang berdaya” Ujar Nurul Aeni selaku Ketua KOMED Pusat menyampaikan harapannya pada pengukuhan di tiga wilayah tersebut.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar