Peringatan Bulan Menggambar Nasional

SMP Negeri 51 Bandung Gelar Spirit Drawing 51

SMP Negeri 51 Bandung Gelar Spirit Drawing 51 Asep Ruslan Peserta Pameran Bulan Menggambar Nasional 2022 bersama Kepala Sekolah SMP Negeri 51 Bandung Harlina, S.Pd, MM, Selasa 17 Mei 2022 (Foto/SPN/Asep Ruslan)

SINARPAGINEWS.COM, KOTA BANDUNG - Dalam mendukung Kegiatan Bulan Menggambar  Nasional 2022 yang digagas oleh Forum Drawing Indonesia (FDI), berbagai komunitas Seni Rupa dari Sabang sampai Merauke mengadakan berbagai  event pameran drawing secara serentak mulai dari tanggal 14 Mei 2022.

Salah satu komunitas ekskul Seni Rupa di SMP Negeri 51 Bandung yang menamakan dirinya “RUPARUPA51” yang kerap mengikuti secara konsisten berbagai kegiatan event Seni Rupa baik secara internal disekolah ataupun diluar sekolah dan diprakasai oleh Guru Seni Rupanya Drs. M. Muhtar, M.Ds. menggelar kegiatan Seni Rupa dari tanggal 14 s/d 30 Mei 2022 di SMP Negeri 51 Bandung.

“Dengan dukungan Kepala SMP Negeri 51 Bandung Ibu Harlina, S.Pd, MM yang selalu support memberi ruang  kepada Siswa, Guru dan para alumninya untuk berkarya disekolah ini. Dalam kegiatan ini akan dipamerkan berbagai karya seni rupa khususnya Gambar dengan mengambil  tema Pameran  “SPIRIT DRAWING 51”  yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 s/d 30 Mei 2022 di SMP Negeri 51 Bandung Jalan Raya Derwati  Bandung,” kata Wakasek Kesiswaan Sekaligus Pembina Ekskul SMP Negeri 51 Bandung Drs. M. Muhtar, M.Ds. kepada Tabloid Mantap saat pembukaan pameran di SMPN 51 Bandung, Selasa (17/5/2022).

Pameran dibuka Kepala Sekolah SMP Negeri 51 Bandung Harlina S.Pd, MM (Foto/SPN/Asep Ruslan)

Pameran dibuka  oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 51 Bandung Harlina S.Pd, MM, dimana sebelumnya dilaksanakan terlebih dahulu upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan dilanjutkan amanat Kepala Sekolah dalam peringatan Bulan Menggambar Nasional, seterusnya Menyanyikan Mars Bulan Menggambar Nasional dan ditutup dengan do'a.

Selain itu ditampilkan Orasi Budaya tentang Memaknai Budaya Menggambar disekolah oleh Wakasek Kesiswaan sekaligus Pembina Ekskul Drs. M. Muhtar, M.Ds dilanjutkan sambutan Ketua Pelaksana Oleh Ananda Nana dan kata kata Spirit dari ketua OSIS SMPN 51 Bandung.

Performance Art pembuka Lingga Eswari (Foto/SPN/Asep Ruslan)

Ditampilkan pula Performance Art pembuka  Lingga Eswari (Teni, Bagja dan Rahadian), Monolog oleh Aji (Guru SMPN 51 Bandung),  penampilan Seni tari (Aulia), dan Pencak Silat (Aqmarina).

Goresan gambar dari kepala sekolah sekaligus membuka kegiatan Bulan Menggambar Nasional di SMP Negeri 51 Bandung dan dilanjutkan oleh Guru guru, Peserta Pameran, dan seluruh siswa yang hadir  melakukan live drawing.

“Tujuan  digelarnya pameran Spirit Drawing 51, selain support pada kegiatan FDI melalui Bulan Menggambar Nasional  tersebut, juga sebagai media  ungkapan ekpresi dan imajinasi siswa lewat karya Seni Drawing yang dibuatnya, menjadi langkah awal meniti jembatan  agar anak-anak ke depan bisa mencari cakrawala yang lebih luas lagi dalam  wawasannya. Dimana Pameran Drawing ini, sebagai ajang ruang kreatif untuk memerdekakan belajar siswa,“ ungkap Muhtar.

Orasi Budaya tentang Memaknai Budaya Menggambar oleh Wakasek Kesiswaan Sekaligus Pembina Ekskul Drs. M. Muhtar, M.Ds. (Foto/SPN/Asep Ruslan)

Dengan adanya Pandemi yang cukup lama ini tidak menjadi halangan untuk memotivasi siswa untuk  berkarya  jangan sampai anak-anak los karakter.

“Event ini sebagai bentuk aksi nyatanya  berpameran di lingkungan sekolah seperti kegiatan sekarang ini,” tuturnya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 51 Bandung Harlina S.Pd, MM bersama Wakasek Kesiswaan Sekaligus Pembina Ekskul Drs. M. Muhtar, M.Ds. (Foto/SPN/Asep Ruslan)

Selanjutnya Kepala Sekolah SMP Negeri 51 Bandung Harlina S.Pd, MM, ketika ditanyakan kenapa digelar bulan Mei?

“Karena bulan Mei adalah bulan yang penuh peristiwa sejarah dan tanda dimulai, bulan yang syarat makna atau dimaknai. Jadi bulan Mei bukan dimaknai secara formal sebagai hari pendidikan, tapi spirit sejarah dalam bulan ini, termasuk spirit pendidikan itu sendiri, yakni produksi pengetahuan,” ungkap Harlina.

Harapan dari pihak sekolah melalui kegiatan Spirit Drawing di SMP Negeri 51 Bandung akan menambah wawasan kepada siswa dan membentuk karakter yang positip.

“Kami berharap kegiatan kegiatan Spirit Drawing di SMPN 51 Bandung ini mudah-mudahan akan menambah wawasan kepada siswa dan membentuk karakter yang positip. Juga untuk seluruh masyarakat Pendidikan di Indonesia untuk melakukan perubahan dan berinovasi secara terus menerus  di era Kurikulum  Merdeka Belajar yang digulirkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia,” pungkas Kepala SMPN 51 Bandung.

Kegiatan Sepirit Drawing di SMP Negeri 51 Bandung (Foto/SPN/Asep Ruslan)

Peserta Pameran Bulan Menggambar Nasional 2022 di SMPN 51 Bandung

1. Harlina S.Pd,MM (Kepala SMP Negeri 51 Bandung)
2. Drs. M. Muhtar, M.Ds (Guru51)
3. Afina Syaffiani Arief
4. Akram A
5. Annisa G.N.S
6. Annisa Farras Az-Zahra
7. Anita Dekritiya
8. Azkya
9. Dewi Rahmaningtyas
10. Diqta Alika Kirana
11. Endang Wahyuni ,S.Pd
12. Elisa Tiara Kayana
13. Ghozy Faiz Ramadhan
14. Iwan Tachlan S.Pd,M.Ds
15. Kayla Putri Az Zahra
16. Khairena Amyta
17. Kheisha Nava Aliyyah
18. Kikan Manik Firtsky
19. Kiki Nugraha, S.Sn
20. Muhammad Raka M
21. Nabila Nur Aprilianti
22. Nana Nurhasanah
23. Oxvian Bintang
24. Rafi
25. Rahardian Rahardja P
26. Ratu Annisa
27. Rifani
28. Rizda Putri Nurazizah
29. Restu Fattah Iskandar
30. Sang Art Wibawa
31. Santiari Sekarini
32. Sukma Az Zahra
33. Syabila Agustina
34. Teni Dwilingga Eswari
35. Ulfan Arfandi S
36. Nita
37. Hafizh Al Rasyid
38. Nabila Kalila Khansa (6,5th)

 

Nabila Kalila Khansa siswa TK Al Kahfi Bandung (6,5th) ikut hadir dalam Spirit Drawing SMPN 51 Bandung (Foto/SPN/Asep Ruslan)

Editor: Asep Ruslan

Bagikan melalui:

Komentar