Merefleksi Kegiatan MGMP PPKn, Tiga Dosen UPS Jadi Narasumber

Merefleksi Kegiatan MGMP PPKn, Tiga Dosen UPS Jadi Narasumber Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Tiga Dosen Universitas Pancasakti (UPS) Tegal jadi Narasumber, Merefleksi kegiatan MGMP PPKn dilaksanakan secara offline bertempat di SMP 1 Wanasari Brebes, Senin (25/4/22). Kegiatan diikuti oleh sekitar 50 peserta yakni dari guru guru SMP se kabupaten Brebes. 

Ketua panitia kegiatan Dr. Tity Kusrina, M.Pd mengatakan, Merefleksikan Kegiatan MGMP PPKn SMP Era Merdeka Belajar merupakan salah satu indikator guru profesional memiliki sumbangan besar dalam perbaikan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Hasil dari penelitian penulisan karya ilmiah ini dapat dikembangkan menjadi artikel ilmiah yang dapat dimasukkan ke dalam jurnal ilmiah.

Selain untuk meningkatkan profesionalisme guru, menulis artikel ilmiah untuk jurnal juga dapat dijadikan sarana untuk kenaikan pangkat. Selama ini masih sedikit para guru, khususnya guru-guru yang akan naik pangkat, harus mempublikasikan tulisannya di jurnal ilmiah Nasional maupun bisa jadi ke Internasional. Saat ini, ada banyak jurnal ilmiah yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk menuangkan ide dan gagasan terkait dengan pembelajaran. Dengan kegiatan MGMP sering mungkin dapat menghasilkan mempublikasikan karya ilmiah di jurnal, guru dapat membuktikan eksistensinya di dunia pendidikan dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran.

Lebih lanjut dikatakannya, Guru PPKN yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Brebes, bentuk kegiatan MGMP masih terbilang kurang dalam hal kehadiaran, oleh karena itu perlu untuk di refleksi atau saling mengingatkan, memberi dukungan semangat yang tinggi untuk perkembangan suatu pendidikan di Indonesia sekarang ini. Merefleksi Pembelajaran pendidikan dalam kegiatan MGMP di SMP N Wanasari agar lebih maksimal pengetahuan guru terhadap siswa. Sekolah dan guru seringkali memfasilitasi siswanya mengenal lebih jauh tentang pendidikan. 

Mata pelajaran PPKN menjadi satu-satunya mata pelajaran yang diharapkan dapat menjadi mata pisau bagi generasi muda untuk memajukan Indonesia. Jelas tertulis dalam kurikulum ada kompetensi dasar “mendeskripsikan pendidikan, penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat yang Terintergrasi Mapel Pada Guru MGMP PPKN”.

Maka dengan memperdalam pemahaman mengenai materi tersebut melalui para guru PPKN, diharapkan tahun-tahun selanjutnya para pejabat di wilayah pemerintah merefleksikan terutama para generasi muda di Kabupaten Brebes tidak ada lagi yang ketinggalan akan perkembangan pendidikan sesuai harapan Pemerintah. 

Dalam Undang-undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2015 disebutkan bahwa guru profesional setidaknya memiliki empat kompetensi, yakni kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, dan kompetensi sosial. Keempat kompetensi tersebut menjadi tolok ukur dalam menilai standar keprofesionalan seorang guru. Guru profesional tidak hanya mampu menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa di kelas, tetapi juga memiliki kemampuan lain seperti menulis karya ilmiah dan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat.

Merefleksikan Kegiatan MGMP PPKn SMP di Era Merdeka Belajar dapat dilakukan oleh guru berdasarkan pengembangan topik-topik seputar permasalahan yang sering ditemukan di kelas. Dengan mengidentifikasi masalah, guru dapat menentukan solusi atau penelitian tindakan kelas yang tepat agar kualitas pembelajaran dapat diperbaiki. 

Kegiatan MGMP PPKn SMP Kabupaten Brebes di Era Merdeka Belajar, mengimbau untuk bisa mengembangkan karya ilmiah berdasarkan pada penelitian saat ini masih jarang dilakukan oleh guru. Secara umum, guru masih terkotak oleh tugas pengajaran di kelas dan pengerjaan administrasi guru. Selain itu bisa saja terjadi kasus guru telah menyusun identifikasi permasalahan pembelajaran yang dijumpai di kelas dan melakukan tindakan kelas yang sesuai, akan tetapi segala proses tersebut belum dituangkan ke dalam tulisan untuk dipublikasikan. Padahal dari tulisan-tulisan tersebut dapat menjadi sumber inspirasi bagi guru di sekolah lain yang mungkin menjumpai permasalahan serupa. Melalui kegiatan MGMP ini diharapkan para guru akan termotivasi disamping untuk pengembangan mata pelajaran bidang studi PPKn, bisa jadi untuk mengembangkan karya ilmiah berupa artikel ilmiah yang bisa dimuat di jurnal ilmiah. Selain itu, bagi institusi pengabdi artikel ilmiah dari para peserta kegiatan dapat dipublikasikan di jurnal yang telah ada. 

Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka permasalahan yang dapat antara lain: 1) Guru-Guru SMP masih memiliki minat yang rendah dalam jenis kegiatan MGMP dalam pengembangan mata pelajaran dan membuat karya ilmiah untuk jurnal nasional maupun internasional; 2) Kegiatan MGMP tentang merefleksikan diri dalam jenis legiatan karya tulis ilmiah nasional untuk jurnal bagi guru-guru SMP masih dirasa kurang; 3) Kurangnya minat guru-guru SMP untuk melakukan penelitian tindakan kelas dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran; dan 4) Guru SMP terlalu fokus pada tugas mengajar di kelas dan administrasi guru. 

Tujuan melalui program pengabdian masyarakat merefleksikan Kegiatan MGMP PPKn SMP Kabupaten Brebes di Era Merdeka Belajar bertujuan untuk: 1) Meningkatkan kemampuan guru PPKN khususnya dalam membangun pengembangan mata pelajaran, penelitian dan penulisan artikel sampai pembuatan jurnal, 2) Guru dapat menjadi mediator juga fasilitator untuk pada masyarakat dikalangan muda. 3) Mindset guru terhadap kegiatan MGMP PPKn diharapkan berubah, dan dapat di implementasikan dengan baik.

Manfaat secara umum pengabdian masyarakat ini bermanfaat bagi pengembangan ilmu PPKN khususnya para Guru SMP mempunyai tanggung jawab kepada pemerintah dalam rangka tujuan pendidikan sesuai Undang Undang. Secara praktis kebermanfaatan pengabdian ini dapat digunakan bagi pemangku kepentingan, guru terutama dan kepala sekolah untuk lebih memperhatikan sarana, prasarana sekolah yang menunjang pendidikan.(hid/spn). 

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar