Ratusan Santri Diniyah Ikuti Porsadin Kota Tegal

Ratusan Santri Diniyah Ikuti Porsadin Kota Tegal Dok Humas

SINARPAGI NEWS.COM, TEGAL - Sebanyak 533 Santri Madrasah Diniyah mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Santri Diniah (Porsadin) ke-7 se-Kota Tegal, yang diselenggarakan Sabtu - Minggu (6-7/8/2022).

Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono membuka secara resmi Pelaksanaan Porsadin di Lapangan SMA NU Kota Tegal, Jum'at (5/8/2022).

Ketua panitia pelaksana Porsadin, Tuftahu menyampaikan giat Porsadin dilaksanakan selama 2 hari dimulai 6 s.d 7 Agustus 2022, dengan jumlah peserta 533 Santri.

Dikatakan Tuftahu, ada 15 mata lomba diperlombakan yang meliputi Murottal Wal Imla, Tilawatil Qur'an, Tahfidz Juz Amma, Tahfidz Aqidatul Awam, Kaligrafi, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Puisi Islami, Cerdas Cermat Diniyah, Lari Sprint 60 Meter, Lari Sprint 80 Meter, Bulutangkis Tunggal, Tenis Meja Tunggal dan Catur Cepat.

Santri yang lolos menjadi juara akan diikutkan dalam pelaksanaan Porsadin di tingkat provinsi, yang rencananya akan diselenggarakan di Kabupaten Kudus, 2 s.d 3 November 2022.

Sedangkan untuk Porsadin Tingkat Nasional akan diselenggarakan di Kota Bandung pada 25 s.d 26 November 2022 mendatang.

Wali Kota mengapresiasi penyelenggaraan Porsadin se-Kota Tegal tersebut. Menurutnya ini merupakan usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah, khususnya dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan dan kepribadian.

"Saya apresiasi pada kegiatan ini, sebab ini merupakan usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah, khususnya dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan, kepribadian," ujar Wali Kota Tegal.

Sebagai kegiatan yang dilakukan secara rutin, Dedy menyampaikan kegiatannya akan terkait juga dengan peningkatan Prestasi Olah Raga dan Seni (Porseni) jenjang Madrasah Diniyah. Dengan demikian berupaya memberikan perhatian pada kekuatan jiwa, otot, otak dan seni peserta didik madrasah dalam mengembangkan kreativitas dan prestasi santri. 

Di depan para Santri, Dedy Yon berpesan agar ajang ini dijadikan sebagai proses pembelajaran untuk berekspresi, bertindak sportif serta beraktualisasi diri. Ajang Porsadin adalah kegiatan yang mendukung kebugaran dan kesehatan siswa madrasah yang terus dikembangkan. 

"Dengan varian cabang yang diperlombakan dimaksud untuk membuka peluang yang sebesar-sebesarnya bagi potensi santri yang dimiliki madrasah agar dapat mengembangkan minat dan bakatnya masing - masing serta menumbuhkembangkan kreativitas mereka," tutur Wali Kota Tegal.

Wali Kota berharap dari kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan sportif, kerja keras, kreatif, mandiri dan berprestasi peserta didik.(hid/tom)

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar