Wakil Walikota Pimpin Malam Renungan dan Kukuhkan Pelatih dan Pembina Kwarcab

Wakil Walikota Pimpin Malam Renungan dan Kukuhkan Pelatih dan Pembina Kwarcab Dok Humas

SINARPAGI NEWS.COM, TEGAL - Menjelang fajar hari Pramuka ke - 61 tahun 2022,di bulan yang penuh harapan,Renungan peringatan hari Pramuka di laksanakan pada malam yang tenang ini. Kita,para anggota Gerakan Pramuka,berkumpul di sini untuk merenungkan hasil-hasil karya yang telah lalu dengan segala kekurangan dan keberhasilannya ,Marilah kita mulai pertemuan ini dengan saling hormat sebagai tanda persaudaraan kita serta untuk meningkatkan penghayatan dan pengamalan Pancasila,itulah sepenggal kalimat pengantar renungan hari Pramuka di Bumi perkemahan “ Bahari Kota Tegal”

Setiap tahun Kwarcab Kota Tegal menyelenggarakan kegiatan renungan dan ulang janji menjelang di laksanakan upacara Hari Pramuka. 

Muhamad Jumadi,ST.,MM. selaku ka Kwarcab dan juga sebagai Wakil Wali Kota Tegal memimpin langsung jalanya prosesi malam renungan dan ulang janji Pramuka, Sabtu (13/8/2022) malam.

 Kegiatan ini di ikuti oleh para Andalan cabang,Pamong Saka,Para Pelatih dan pembina gugus depan,dewan kerja cabang dan pramuka Penegak.

Kegiatan ini di awali dengan penyalaan api dasa Dharma oleh 10 orang Pramuka Penegak SMA Negeri 4 Kota Tegal yang di lanjutkan dengan ulang janji dengan mengucapkan Tri Satya yang di tirukan oleh seluruh peserta upacara dan dilaksanakan dengan suasana khidmat dan hanya menggunkan lilin dan obor sebagai media penerangan.

Adapun kegiatan lain di lapangan bumi perkemahan “Bahari “ yaitu pengukuhan para Pelatih dan pembina.Pengukuhan Pelatih ini di lakukan setelah mereka melaksanakan kegiatan Kursus Pelatih dasar (KPD) atau Kursus Pelatih lanjutan (KPL) sedangkan pengukuhan pembina Pramuka setelah mereka menyelesaikan Kursus Pembina tingkat mahir dasar ( KMD ) dan membuat tugas berupa Narakarya. Pengukuhan Pelatih dan pembina Pramuka ini di nyatakan dalam bentuk pembacaan Pakta Integritas yang di sampaikan oleh Kak Slamet siskuwono,S.Pd di hadapan kak Kwarcab Kota Tegal yang di lanjutkan dengan pemasangan badge Pelatih dan pembina.

Setelah rangkaian renungan dan ulang janji serta pengukuhan pelatih dan pembina selesai,di lanjutkan dengan Tasyakuran Hari pramuka yang di adakan di pendopo bumi perkemahan.Pada kesempatan ini Kak Jumadi,ST.,MM. menyampaikan rasa syukur kehadirat Allah SWT. dapat memperingati rangkaian hari Pramuka ke 61 yang tahun ini mengambil tema “Mengabdi Tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa” dan beliau memberikan motivasi kepada para anggota Pramuka untuk terus mengabdi di gerakan Pramuka,karena di Pramuka tidak ada istilah pensiun. Sedangkan kepada para pramuka penegak beliau berharap kedepan akan menjadi para pemimpin, karena setiap orang ada masanya dan setiap masa ada orangnya.(hid/war).

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar