LPI DD Jalani On Site Evaluation SNI Award 2022

LPI DD Jalani On Site Evaluation SNI Award 2022 Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, BOGOR - Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa (LPI DD) berhasil mencapai proses On Site Evaluation dalam ajang SNI Award 2022. Proses tersebut dilaksanakan pada Senin-Selasa (29—30/8/2022).

Tahap On Site Evaluation dilakukan setelah jejaring pendidikan Dompet Dhuafa ini dinyatakan lolos tahap penilaian Desk Evaluation oleh Dewan Juri SNI Award 2022.

LPI DD mengikuti On Site Evaluation tersebut secara online. Metode daring masih digunakan karena peraturan pemerintah dalam penanganan aktivitas pada masa pandemi masih berlaku. Dengan demikian, metode tersebut menjadi upaya mitigasi guna meminimalisir penyebaran virus.
Evaluasi dalam tahap On Site Evaluation SNI Award 2022 dilakukan oleh Lead Evaluator, Evaluator, dan Pengawas Badan Standardisasi Nasional (BSN). Selama dua hari, evaluasi fokus pada enam kriteria tata kelola, yaitu, kepemimpinan, strategi, pelanggan, pengukuran, pengelolaan sumber daya, operasi, dan hasil-hasil yang dimiliki dalam sebuah organisasi.

Proses evaluasi berjalan dengan baik dan akrab. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan mampu memberikan perspektif baru bagi LPI DD dalam pengembangan tata kelola organisasi. Evaluasi dan diskusi pun berlangsung secara dua arah. Dengan demikian, proses evaluasi dapat berlangsung secara terstruktur, sistematis, dan komprehensif.

Setelah menyelesaikan tahap On Site Evaluation, proses berikutnya adalah Penilaian Dewan Juri. Hal tersebut berlangsung hingga November 2022. LPI DD berharap mencapai hasil yang lebih baik daripada SNI Award 2021. Tahun lalu, LPI DD berhasil mendapatkan anugerah SNI Award peringkat perak.
LPI DD sendiri menjadi salah satu dari 88 organisasi yang berhasil masuk pada tahap On Site Evalution. Adapun secara keseluruhan, terdapat 233 organisasi dan perusahaan yang mendaftar SNI Award 2022. Dari jumlah tersebut, sejumlah 145 organisasi dan perusahaan dinyatakan lolos tahap Desk Evaluation. SNI Award merupakan salah satu penghargaan tertinggi dari pemerintah Indonesia kepada organisasi yang menerapkan standar manajemen mutu yang komprehensif, transparan, akuntabel, dan berdampak.

LPI DD adalah salah satu organ Dompet Dhuafa yang mengelola zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf) dengan fokus program pada ruang lingkup pendidikan, terutama bagi masyarakat marginal. Visi yang dimiliki LPI DD adalah terwujudnya Indonesia Berdaya melalui model pendidikan yang berkualitas.

Sebagai organisasi yang mengelola ziswaf, LPI DD wajib mengelola amanah ini secara transparan, akuntabel, dan berkualitas.
Keikutsertaan LPI DD dalam ajang SNI Award merupakan salah satu upaya mendapatkan penilaian dan evaluasi publik atas kinerja lembaga ini dalam bidang pendidikan. Aktivitas ini juga menjadi wujud komitmen LPI DD dalam pertanggungjawaban publik. Di samping itu, partisipasi dalam SNI Award sekaligus menjadi upaya untuk mendapatkan umpan balik terhadap perbaikan kinerja pada masa mendatang.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar