Kembangkan UMKM, Mahasiswa KKN UPS desa Argatawang, Jatinegara Menyulap Bekatul Menjadi Brownies

Kembangkan UMKM, Mahasiswa KKN UPS desa Argatawang, Jatinegara Menyulap Bekatul Menjadi Brownies Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Mahasiswa KKN Universitas Pancasakti (UPS) desa Argatawang , Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal menyulap Bekatul menjadi brownies. Pembuatan roti brownies dari bekatul ini dalam rangka memajukan dan mengembangkan UMKM dan program dari KKN Tematik Desa Argatawang. 

Dilatarbelakangi oleh potensi desa dibidang pertanian terutama petani padi yang menghasilkan limbah berupa bekatul, mahasiswa KKN UPS Desa Argatawang berinisiatif mengolahnya menjadi brownies .Dari materi yang disampaikan oleh mahasiswa KKN, diketahui bahwa bekatul yang selama ini hanya dijadikan sebagai pakan ternak ternyata mengandung banyak sekali zat gizi, diantaranya mengandung serat yang tinggi, antioksidan, dan lemak tidak jenuh yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Informasi yang diberikan oleh mahasiswa KKN ini terlihat sangat memperluas cara pandang warga mengenai pemanfaatan bekatul menjadi produk yang lebih bernilai.

Pembuatan Brownies Bekatul dilakukan di tempat dilakukan di tempat posko KKN, Setelah melakukan uji coba mahasiswa melakukan sosialisasi kepada warga guna untuk menambah nilai jual dari bekatul.

kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan cara pengolahan bekatul menjadi brownies. Brownies bekatul sendiri merupakan brownies yang dibuat dengan cara dikukus yang pembuatannya memakan waktu lebih kurang 60 menit. Sebelum praktik pembuatan Bronies bekatul dimulai, ibu-ibu yang hadir terlebih dahulu diberi tahu mengenai alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat Bronies bekatul serta langkah pembuatannya. Ternyata, cara pembuatan Bronies bekatul tidaklah sulit. Hal ini terlihat dari mudahnya ibu-ibu peserta kegiatan mengerti dan mengikuti proses pembuatannya.

Pemasaran brownies ini melalui pedagang di warung, pasar, sampai melalui media social. Dengan harga pokok penjualan yang tergolong murah, warga bisa memperoleh keuntungan sampai 90% dari penjualan Brownies Bekatul

Bahan : Bekatul 2 sdm, Tepung 2 sdm, Telur 2 butir, Gula 5 sdm, Chocochips/Meses/Keju, Margarin 100gr, Bubuk coklat 40gr, Vanili 0.5 gr, Baking soda 1gr

Peralatan :, Loyang, Panci, Mixer / Garpu

 Cara Pembuatan ;

1. Siapkan panci untuk mengukus terlebih dahulu.

2. Sangrai bekatul sampai warna kecoklatan.

3. Campurkan tepung dan bekatul.

4. Lelehkan margarin dengan api kecil, lalu sisihkan.

5. Campurkan telur dan gula pasir kocok sampai sedikit mengembang.

6. Masukan bekatul terigu, coklat bubuk , vanilli dan baking soda lalu aduk merata.

7. Oleskan Loyang dengan margarin tipis-tipis lalu taburkan tepung secara merata pada Loyang agar brownies nanti tidak menempel pada Loyang.

8. Masukan kedalam adonan kedalam Loyang.

9. Masukan Loyang kedalam panci lalu tutup panci dengan kain lap agar air tidak menetes kedalam adonan.

10. Tunggu sampai 30-40 menit

11. Brownies siap dihidangkan.(hid/fit).

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar