Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Mahasiswa KKN UPS Desa Benda Membuat Pupuk Organik Dari Limbah Pertanian dan Ternak

Mahasiswa KKN UPS Desa Benda Membuat Pupuk Organik Dari Limbah Pertanian dan Ternak Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, TIM KKN Daya Sakti UPS, Desa Dukuh Benda, Kec. Bumi Jawa, Kab Tegal membuat pupuk orgamik dari limbah pertanian dan ternak dengan cara Pengomposan limbah pertanian dengan penambahan kotoran ayam dengan starter EM4 sebagai pupuk untuk media tumbuh sayuran.

Dalam upaya untuk mengurangi tumpukan sampah yang dapat mencemari lingkungan dan menghasilkan produk akhir yang lebih bermanfaat yakni kompos organik. Dengan upaya pengolahan sampah menjadi kompos organik dapat meminimalkan dalam pengeluaran bembelian pupuk untuk pertanian.

Limbah hasil pertanian yang belum dimanfaatkan sehingga menjadi salah satu sumber penyakit dan polusi diwilayah dukuh benda, dan untuk perternakan sudah optimal dalam pemanfaatan limbah berupa kotoran untuk pupuk pertanian. Kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki petani dalam pemanfaatan limbah yang tersedia sangat banyak dilingkungan tempat tinggal.

Melalui pengolahan dan penggunaan pupuk organik ini, diharapkan dapat mendukung terciptanya sistem pertanian yang tanpa limbah (Zero waste agriculture)”.

Konsep ini dirancang untuk para petani agar memanfaatkan pengolahan lahan pertanian sekaligus peternakan tanpa limbah. Untuk menekan pencemaran lingkungan, akan lebih baik jika limbah dapat dikelola menjadi sesuatu yang memiliki nilai tambah ekonomis.

Prosedur pengolahan dengan cara Limbah sayuran di timbang (penimbangan sesuai variabel) di masukan tong pengolahan (pencampuran variable larutan EM4 + Sekam Padi) kemudian di masukan tong pengolahan 2 (tong proses pengomposan taahab 1 minggu). Pencampuran kotoran Ayam yang sudah masuk fermentasi (pupuk kotoran ayam) dengan perbandingan 1:1, kemudian dimasukan tong pengolahan ke 3 (proses pengomposan tahab 2 minggu) dan kompos menjadi matang.

alat yang dipakai, tong, pisau, trash bag,pipa dan ember sedangkan bahanya adalah limbah pertanian berupa sayuran (sayur kubis/kol), Em4, Sekam padi, terasi, gula pasir, air dan kotoran ayam.(hid/fit).

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar