Penarikan Dan Expo KKN UPS Di Kabupaten Tegal Pamerkan Produk Unik Bernilai Ekonomis

Penarikan Dan Expo KKN UPS Di Kabupaten Tegal Pamerkan Produk Unik Bernilai Ekonomis Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Penarikan 324 Mahasiswa KKN Universitas Pancasakti (UPS) di Kabupaten Tegal bersama Sekda dr Widodo Joko Mulyono, MKes, MM. Pada kegiatan penarikan KKN UPS Tegal yang telah dilaksanakan Kamis 15 September 2022 sekaligus digelar expo gelar produk hasil KKN.

 Saat tinjauan Expo pameran KKN kabupaten Tegal, Wakil Rektor 1 UPS Tegal didampingi koordinator wilayah kabupaten Tegal Muhammad Agus Shidiq dan Sekda Kab.Tegal, mereka berkeliling ke setiap stand dan membeli beberapa produk hasil mahasiswa KKN UPS.

 Salah satu produk mahasiswa KKN yang menarik dan ekonomis adalah batik ciprat. Pada kesempatan ini juga Dr. Purwo Susongko, M.Pd., memborong batik ciprat asal bogares. 

Batik Ciprat adalah salah satu kain khas daerah Bogares yang dibuat dengan teknik menciprat-cipratkan larutan malam pada lembaran kain. Yang menjadi keunggulan dari bahan baku batik ciprat ini sudah ramah lingkungan dan pola yang tercipta tidak mungkin sama pada setiap kain lainnya.

Batik ciprat sangat unik polanya karena produksinya dibuat manual sangat simpel dalam proses produksinya. Saat berbincang dengan Firdaus Ketua expo KKN sekaligus sebagai mahasiswa peserta menyatakan bahwa dalam sehari setiap orang bisa memproduksi antara 15 hingga 20 kain. Harganya sangat terjangkau per kain hanya Rp 150 ribu. Batiknya dijamin tidak luntur dan ramah lingkungan.

Beberapa kendala dari produk batik ciprat ini adalah masyarakat belum banyak yang tahu. Karena itu, butuh strategi marketing yang bagus dari pengelola dan peran pemerintah dalam mengembangkan usaha batik ciprat ini. Sehingga perlu mahasiswa KKN UPS ini membantu dalam pengemasan dan pemasaran batik ciprat agar dikenal oleh masyarakat luas.(hid/fit).

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar