KKN UPS Di Desa Gondang, Olah Limbah Tahu Jadi kripik Tahu Bernilai Ekonomis

KKN UPS Di Desa Gondang, Olah Limbah Tahu Jadi kripik Tahu Bernilai Ekonomis Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, PEKALONGAN - Tingkatkan kemampuan ekonomi warga Gondang Kabupaten Pekalongan KKN Universitas Pancasakti Tegal olah limbah tahu menjadi bahan makanan yang lebih bernilai ekonomis menjadi kripik tahu yang memiliki cita rasa yang sangat enak.

Limbah tahu di desa Gondang kabupaten Pekalongan selama ini kurang begitu dimanfaatkan dan dianggap hanya sekedar limbah yang hanya bisa dibuang. Ditangan mahasiswa – mahasiswa KKN UPS Tegal dibawah bimbingan Dr. Evy Indriasari, SH. MH limbah tersebut mampu diubah menjadi sebuah makanan yang sangat bernilai ekonomis yang dapat dijadikan untuk usaha – usaha ekonomis mikro mandiri untuk meningkatkan penghasilan keluarga.

Dengan diolah menjadi kripik tahu, maka limbah tahu ini tak lagi dibuang atau disia –siakan justru bisa dijadikan sumber pendapatan, tentunya dengan sedikit kreatifitas atau sentuhan agar bernilai ekonomis yang lebih tahan lama.

Sesuai dengan tema KKN UPS Tegal Tahun 2022 di Kabupaten Pekalongan yang mengangkat tema “KKN Pengembangan Potensi Desa Menuju Desa Mandiri dan Sejahtera”. Dimana kegiatan KKN mengarah kepada lima (5) pilar yaitu : Pilar Lingkungan, Pilar Kesehatan, Pilar Ekonomi, Pilar Pendidikan, dan Pilar Berkepribadian Pancasila yang diharapkan tiap kelompok mahasiswa dapat menerapkan ke lima pilar tersebut dengan luaran inovasi produk/program unggulan.

Desa Gondang adalah salah satu desa yang menjadi sasaran Program KKN UPS Tegal tahun ini, di bawah bimbingan Dr. Evy Indriasari, SH. MH dengan 6 mahasiswa yang diterjunkan di desa itu ikut berupaya menggenjot lima (5) pilar yang di canangkan dengan bersinergi dengan pemerintah desa dan masyarakat di desa tersebut.

Salah satu pilar yang sangat ditekankan adalah pilar ekonomi masyarakat dan untuk mengembangkan pilar ini KKN Desa Gondang terjun kemasyarakat untuk membina dan membantu pengusaha – pengusaha mikro yang ada baik dalam hal cara permodalan, produksi maupun dalam hal pemasaran produk.

Banyak potensi – potensi desa yang masih terabaikan dan tidak dimanfaatkan dengan baik, seperti desa – desa yang lain, desa Gondang juga memiliki banyak potensi yang dimiliki. Diantaranya adalah potensi pemanfaatan limbah tahu yang banyak tersedia di desa tersebut.

Dengan sedikit pembekalan baik dalam proses pembuatan maupun dalam proses manajemen pemasaran potensi tersebut kini menjadi salah satu peluang ekonomi bagi warga masyarakat desa Gondang yang tentunya dapat meningkatkan taraf hidup bagi warganya.

Dalam acara expo dan workshop penarikan KKN di Kecamatan Wonopringgo Sabtu, 17 September 2022 hasil – hasil produk olahan limbah tahu tersebut dipamerkan dan ternyata sangat menarik banyak peminat untuk membeli produk olahan tersebut.(hid/har).

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar